SIWO Beri Penghargaan Olahraga

Surabaya (ANTARA News)  - Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur akan memberikan penghargaan kepada tokoh maupun lembaga yang berperan besar dalam memajukan dan meningkatkan prestasi olahraga Jatim selama 2008.

 

Rapat pleno Siwo PWI Jatim di Surabaya, Senin (16/2), memutuskan tujuh figur sebagai penerima penghargaan tokoh olahraga 2008 dan tiga lembaga menerima penghargaan atas kiprahnya dalam pembinaan olahraga di Jatim.

 

Tujuh figur tersebut adalah Ketua Umum KONI Jatim Imam Utomo, Soekarwo (Ketua Pengprov IPSI), Haruna Soemitro (Ketua Pengprov PSSI), Erlangga Satriagung (Ketua Pengprov POSSI), Andi Darussalam Tabusalla (Ketua Pengprov Perpani), Sahat Tua Simanjuntak (Ketua Pengprov Pertina), dan Henry J.Gunawan (Ketua Pengprov Ikasi).

 

Sementara untuk lembaga adalah KONI Jatim, PT Semen Gresik Tbk dan Perkumpulan Olah Raga (POR) Suryanaga Surabaya.

 

"Sebenarnya banyak figur yang diusulkan untuk mendapatkan penghargaan, tapi dari hasil perdebatan anggota Siwo Jatim yang hadir dalam rapat pleno, diputuskan tujuh figur sebagai penerima," ujar Ketua Siwo PWI Jatim, Akhmad Munir.

 

Ia mengemukakan prestasi olahraga Jatim selama 2008 cukup membanggakan dengan merebut juara umum Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII dan sejumlah event lainnya.

 

Banyak figur yang dianggap memiliki peran sangat besar dalam mendongkrak prestasi atlet di berbagai cabang olahraga.

 

"Memang sempat terjadi tarik ulur soal penetapan tokoh olahraga, tapi setelah dilakukan pemetaan menyangkut keberhasilan cabor serta sumbangsih yang diberikan, mengerucut pada tujuh figur tersebut," katanya.

 

Munir mencontohkan Ketua Umum KONI Jatim Imam Utomo yang dinilai berperan sangat besar dalam membangun olahraga Jatim, hingga sukses merebut juara umum PON XVII tahun 2008.

 

Kemudian Ketua Pengprov PSSI Jatim Haruna Soemitro menjadi figur dibalik sukses tim sepak bola meneruskan tradisi medali emas PON yang telah direbut Jatim sejak PON XV tahun 2000.

 

Selain menetapkan tokoh dan lembaga, Siwo PWI Jatim juga memberikan penghargaan "lifetime achievement" kepada Yahya Buari, atas kiprahnya yang sangat panjang dalam membina olahraga panahan di Jatim.

 

Sebelumnya, Siwo Jatim juga telah menetapkan Soni Dwi Kuncoro dan Nancy Suryaatmadja sebagai atlet putra dan putri terbaik, serta Naniek Juliati Soewadji Suryaatmadja sebagai pelatih terbaik 2008.

 

Menurut rencana, penghargaan kepada para penggiat olahraga itu diserahkan saat resepsi peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan PWI Jatim di Sidoarjo pada 5 Maret 2009. (*)

Berita Terkait: