Wartawan pun Piket di Bakauheni

Bakauheni, Lampung (ANTARA News) - Sejumlah wartawan dari media massa nasional dan lokal di Lampung selama kepadatan penumpang arus mudik dan balik Lebaran 2008 ikut piket di kawasan sekitar Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, untuk liputan di jalur pelayaran daerah tersebut dengan Pelabuhan Merak, Banten.

 

Menurut Widi Sandika, wartawan Radar Lampung, hariannya setiap hari selama arus mudik dan balik menugasi wartawan di Bakauheni secara bergiliran guna melaporkan perkembangan liputan berita teks maupun foto.

"Capek juga, tapi sekaligus tantangan dan pengalaman buat saya," katanya.

 

Sejumlah wartawan media massa di Lampung pada umumnya bertugas secara bergantian, setidaknya dalam waktu tertentu untuk menjaga liputan perkembangan terakhir di Pelabuhan Bakauheni yang kaya akan fakta dan sumber berita seputar arus mudik dan balik.

RRI Bandarlampung dan sejumlah reporter dari radio maupun televisi swasta nasional pun tidak ketinggalan menugasi personelnya untuk meliput dan melaksanakan "piket" liputan di Bakauheni itu.

Bahkan, pada puncak arus mudik dan balik di Bakauheni, liputan media elektronik juga semakin gencar, sehingga pada Sabtu-Minggu (4-5 Oktober) sejumlah televisi nasional juga menempatkan beberapa personel bermobil liputan khusus di Bakauheni.

Wartawan media cetak dan elektronik itu juga merasa terbantu dengan dukungan adanya area Internet nirkabel di pos komando (posko) siaga layanan Lebaran Telkomsel di dekat loket penjualan karcis penumpang di Pelabuhan Bakauheni.

"Kami sangat terbantu untuk mengirimkan berita dan melihat perkembangan pemberitaan dan informasi melalui Internet dengan adanya layanan itu," kata salah seorang wartawan yang bertugas di Bakauheni.

 

Dengan kata lain, para pemudik yang melintasi Bakauheni pun mendapat pemandangan banyaknya wartawan membawa komputer jinjing (laptop) dan berkamera digital hilir-mudik. (*)

Berita Terkait: