Hari Pers Nasional 2020, Kementerian PANRB Gelar Seminar Pelayanan Publik

Blog Single

JAKARTA - Seminar sekaligus pameran pelayanan publik akan digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Seminar Best Practices Kepemerintahan yang Baik akan dibuka oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo pada Jumat (07/02).

Seminar akan dihadiri sebanyak 300 peserta dari berbagai kalangan. Tujuan seminar ini adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan publik dan pemerataan peningkatan sumber daya manusia di Kalimantan Selatan dalam upaya mendorong terciptanya Indonesia Maju.

Pelayanan publik dianggap penting oleh semua aktor good governance serta berhubungan dengan khalayak yang memiliki berbagai kepentingan dan tujuan. Salah satu cara untuk mengembangkan good governance di dalam pelayanan publik, yaitu dengan cara meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pemerintah dimulai dari individu, kelompok, hingga inovasi organisasional.

Seminar tersebut dibagi menjadi empat sesi, pada sesi pertama, Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa akan mempresentasikan mengenai kebijakan pelayanan publik. Kemudian presentasi dilanjutkan dengan materi Inovasi Pelayanan Publik dalam Perspektif Media Publik oleh Tim Panel Independen Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2019 Nurjaman Mochtar.

Selain itu, dalam seminar tersebut peserta akan diajak untuk belajar dari narasumber yang menginspirasi yaitu tiga inovator dari KIPP yakni Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Annas, Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry, dan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Seminar dilanjutkan dengan materi Pengelolaan Pemerintah yang Akuntabel oleh Gubernur Kalimantan Sahbirin Noor, dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Berikutnya, adalah materi Pengelolaan Pengaduan untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik oleh Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani, Bupati Majalengka Karna Sobahi, dan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Tak hanya seminar, Kementerian PANRB juga menggelar pameran. Dalam pameran itu, para pengunjung diajak mengenal berbagai terobosan yang disaring dari ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik. Tak hanya inovasi yang bersinar di dalam negeri, pameran itu juga menampilkan inovasi dari Indonesia yang masuk dalam United Nations Public Service Awards (UNPSA).

HPN 2020 digelar pada 7 hingga 9 Februari 2020 dengan mengusung tema Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Gerbang Ibukota Negara. Rangkaian acara HPN 2020 menghadirkan acara lainnya, antara lain seperti seminar Program Wartawan Spesialis, Pameran Pers, seminar Forum Milenial, seminar Stunting, dan Konvensi Nasional Media Massa. Dijadwalkan, pada hari Sabtu (08/02) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan hadir dalam acara "Peringatan HPN 2020 Bersama Presiden" di Halaman Kantor Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru. Acara puncak HPN direncanakan akan dilaksanakan pada hari Minggu (09/02) yang diikuti oleh seluruh peserta HPN dan masyarakat. (fik/HUMAS MENPANRB)

Berita Terkait: