PWI Aceh Mendaftar sebagai Calon Tuan Rumah Porwanas 2025

PWI Aceh Mendaftar sebagai Calon Tuan Rumah Porwanas 2025

JAKARTA - PWI Aceh secara resmi mendaftar sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV Tahun 2025.
 
Surat berupa dokumen pendaftaran diserahkan oleh Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin didampingi Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik kepada Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari di Sekretariat PWI Pusat, Gedung Dewan Pers, Lantai IV, Jakarta Pusat, Jumat sore, 6 Januari 2023.
 
Prosesi penyerahan surat pendaftaran disaksikan Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat Fachri Muhammad, anggota Dewan Penasihat N. Syamsoeddin Ch. Haesy, Ketua Bidang Pembinaan Daerah Ahmad Munir, dan Wakil Bendahara Umum Dar Edi Yoga.
 
“Sebagai provinsi tetangga, kami dari PWI Sumut mendukung sepenuhnya Aceh menjadi tuan rumah Porwanas 2025. Perhelatan tiga tahunan itu dijadwalkan digelar setelah PON Aceh-Sumut 2024,” kata Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik yang berada di Jakarta dalam rangka koordinasi pelaksanaan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, 7-10 Februari 2023.
 
Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari didampingi Sekjen H. Mirza Zulhadi dan sejumlah pengurus harian lainnya mengapresiasi keseriusan PWI Aceh untuk melaksanakan Porwanas 2025 di Aceh.
 
“Kita buka pintu selebar-lebarnya kepada provinsi yang berminat menjadi tuan rumah. Tentu ada proses dan mekanisme untuk kita tetapkan siapa nantinya yang paling layak. Memang sudah ada beberapa provinsi yang menawarkan diri. Bahkan pada hari ini Aceh melalui PWI-nya sudah menyerahkan surat pendaftaran sebagai calon tuan rumah Porwanas 2025. Kita apresiasi ini,” ujar Ketua Umum PWI Pusat.
 
Dalam pandangan Atal S. Depari, wilayah barat Indonesia—termasuk Aceh—patut didorong untuk menjadi tuan rumah Porwanas setelah sebelumnya perhelatan tiga tahunan itu menjadi ‘tugas’-nya provinsi di wilayah timur.
 
Khusus Aceh, lanjut Atal, pelaksanaan Porwanas 2025 diyakini akan sukses karena ketersediaan arena olahraga pasca-PON bersama Aceh-Sumut 2024. 
 
“Tetapi jangan lupa, kita perlu dukungan pemerintah untuk mengalokasikan anggaran dan penyediaan fasilitas lainnya untuk suksesnya kegiatan itu. Karenanya, salah satu persyaratan menjadi tuan rumah adalah dukungan pemerintah, termasuk pemerintah daerah,” tandas Ketua Umum PWI Pusat.
 
Seperti diketahui, dukungan Aceh menjadi tuan rumah Porwanas 2025 sudah diwacanakan sejak HPN 2022 di Kendari dan makin menguat pada Porwanas XIII/2022 di Malang, Jawa Timur.
 
“Kawan-kawan Pengurus PWI dan SIWO (Seksi Wartawan Olahraga) dari sejumlah provinsi sangat mendukung Aceh jadi tuan rumah Porwanas 2025,” kata Ketua PWI Aceh mengutip respons Pengurus PWI dan SIWO dari berbagai provinsi ketika dimintai tanggapan bagaimana kalau Aceh jadi tuan rumah Porwanas 2025.
 
Menguatnya wacana untuk menjadikan Aceh sebagai tuan rumah Porwanas 2025 sudah dilaporkan oleh Pengurus PWI Aceh kepada Pj Gubernur Aceh melalui Sekda Aceh, Bustami dan Ketua DPRA Saiful Bahri beberapa waktu lalu.
 
Seperti dikatakan Ketua Umum PWI Pusat, pembahasan tentang Porwanas 2025 akan menjadi salah satu eganda utama Rakernas SIWO yang akan berlangsunhg di Medan dan Bali.
 
“Kita segera menyurati Pj Gubernur Aceh dan Ketua DPRA untuk melaporkan bahwa kita sudah mendaftar menjadi tuan rumah Porwanas 2025. Nantinya Pemerintah Aceh diharapkan merekomendasi dan mendukung kegiatan itu melalui surat ke PWI Pusat. Selanjutnya semua persyaratan itu akan dibawa ke Rakernas SIWO,” kata Ketua PWI Aceh, Nasir Nurdin.[]
 

Berita Terkait: