Pengurus PWI Jaya Ziarah ke Makam Mohamad Hoesni Thamrin

Pengurus PWI Jaya Ziarah ke Makam Mohamad Hoesni Thamrin

JAKARTA--Dua pekan menuju puncak acara Anugerah Jurnalistik Mohamad Hoesni Thamrin ke-48, Pengurus Harian Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi DKI Jakarta melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional asal ibu kota itu. Ziarah dipimpin langsung oleh Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah.

"Kita akan menjadikan ziarah ke makam pahlawan kebanggaan Jakarta ini tradisi menjelang acara puncak Anugerah Jurnalistik Mohamad Hoesni Thamrin," ujar Sayid Iskandarsyah di Karet Bivak, Karet Tengsin, Tanah Abang, Selasa (26/7/2022) siang.

Sayid, yang juga penanggung-jawab Mohamad Thamrin Awards 48-2022, melakukan tabur bunga ke makam tokoh pergerakan Jakarta itu bersama jajaran pengurus harian PWI Jaya lainnya, antara lain Budi Nugraha dan Kadirah.

Mohamad Hoesni Thamrin, lahir 16 Februari 1894 dan wafat 11 Januari 1941, adalah seorang pahlawan asal Betawi yang hidupnya dihibahkan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Betawi di masa itu dan untuk ikhtiar Indonesia merdeka.

Namanya diabadikan sebagai salah satu jalan protokol di Jakarta dan proyek perbaikan kampung besar-besaran di Jakarta ("Proyek MHT") pada tahun 1970-an. Pada tanggal 19 Desember 2016, atas jasa jasanya, Pemerintah Republik Indonesia mengabadikannya di pecahan uang kertas rupiah baru, pecahan Rp.2.000.

Anugerah Jurnalistik MH Thamrin adalah kegiatan tahunan PWI Jaya dengan Diskominfotik Pemprov DKI Jakarta, merepresentasikan dinamika pergerakan dan pembangunan ibu kota. 

Untuk MHT Awards ke-48 tahun 2022 ini, tetap ada 7 kategori karya jurnalistik yang dilombakan. Karya-karya tersebut dipublikasikan di media cetak, elektronik dan online dalam kurun waktu antara 1 Juni 2021 hingga 31 Mei 2022. 

Mulai MHT Awards 48-2022 ini penghargaan diberikan kepada 3 orang di masing-masing kategori. Yakni, seorang pemenang dan 2 nominee. Ketujuh kategori: teks, foto, video TV teristerial, video TV streaming, radio, infografis, dan kategori tajuk rencana.

Menurut rencana, acara puncak MH Thamrin Awards 48-22 akan dilaksanakan 12 Agustus, dengan alternatif tempat antara di Balai Agung dan Ballroom Balai Kota Pemprov DKI Jakarta.

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan audiensi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tentunya pada kesempatan itu sudah dipastikan tempat acara puncak Anugerah Jurnalistik MH Thamrin tahun 2022 ini," ujar Sayid Iskandarsyah.

Ketua Panitia MHT Awards 48-2022 Budi Nugraha mengurai terima kasihnya kepada para mitra kerja yang telah menyatakan komitmennya mendukung gelaran anugerah jurnalistik bergengsi ini.

Sejauh ini panpel telah mendapatkan dukungan dari Agi Sugiyanto melalui PT Media Musik Proaktif, PT Krakatau Steel, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), PT.Djarum Foundation, PT.Astra Agro Lestari, Tbk, Bakrie Amanah, BPJS Ketenagakerjaan, PT Transjakarta, Pupuk Indonesia, PLN, BCA, Waskita Karya, Mind.Id/Inalum, Pertamina Patra Niaga, BRI, Mustika Ratu, Garuda Food, Airnav dan FIF.*

Berita Terkait: