Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro Diumumkan pada Diskusi HPN 2020

Blog Single

PEMENANG Anugerah Jurnalistik Adinegoro secara resmi diumumkan oleh Ketua Panitia Tetap Anugerah Adinegoro Rita Sri Hastuti dalam sebuah acara diskusi Hari Pers Nasional 2020 di studio TVRI, Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2020).

"Perdana (diumumkan) ya, Pak Menteri (Komunikasi dan Informatika). Saya sampaikan ada enam kategori yang ditampilkan dalam Anugerah Adinegoro kali ini," ujar Rita kepada Menkominfo Johnny G Plate dan pemirsa TVRI di seluruh Indonesia.

Rita mengatakan pemenang kategori tersebut masing-masing adalah sebagai berikut:

1. Kategori Media Cetak, dimenangkan oleh wartawan Majalah Tempo, Stephanus Edi Pramono dengan judul karya "Hanya Api Semata Api"

2. Kategori Media Televisi, dimenangkan oleh Metro TV dengan judul acara "Berebut Oksigen di Tambora" karya Rahdini Ika Ningrum

3. Kategori Radio, dimenangkan oleh RRI Samarinda dengan judul program siaran berjudul "Lubang Tambang Pembawa Petaka" karya Margarahayu.

4. Kategori Media Siber, dimenangkan oleh wartawan Riaupost.com, Muhammad Amin dengan judul karya "Bom Waktu di Lahan Gambut"

5. Kategori Foto Jurnalistik, dimenangkan oleh wartawan Harian Kompas, Affan Fathoni dengan judul karya "Erupsi Gunung Anak Krakatau"

6. Kategori Karikatur, pemenangnya dari Semarang pada Harian Suara Merdeka, Joko Susilo dengan judul karya "Anak-Anak Terlena oleh Gadget"

Rita mengatakan nama-nama pemenang tersebut dipillih melalui proses seleksi yang dilakukan para juri terdiri dari Tokoh Pers, Pengamat dan Akademisi yang Profesional dan menguasai bidang Jurnalistik.

Menurut Rita, beberapa kali penyelenggaraan Anugerah Adinegoro tidak menemukan pemenang yang karyanya dianggap sudah memenuhi syarat oleh juri. "Contohnya tahun lalu (2018), untuk Kategori In Depth Reporting Media Cetak tidak diadakan pemenang karena tidak memenuhi syarat," kata Rita.

Tahun ini, menurut Rita, lebih bagus karena sudah ada pemenangnya untuk masing-masing kategori yang dilombakan. Lebih lanjut, ia mengatakan para juri bahkan memuji karya para pemenang tersebut.

Anugerah Jurnalistik Adinegoro tahun ini menyediakan hadiah Rp50 juta untuk masing-masing pemenang di setiap kategori, berikut trofi dan piagam penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Penyerahan penghargaan akan diserahkan pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020.

Editor: Efrie Christianto
 

Berita Terkait: