PWI Pesawaran Dirikan Koperasi

Blog Single
Pesawaran, Lampung  (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung membentuk koperasi guna meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

"Pembentukan koperasi dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan wartawan yang tergabung di organisasi tersebut sehingga tidak ada alasan untuk meminta bayaran setelah peliputan," ujar Sekretaris PWI Perwakilan Pesawaran, Triyadi, mewakili Ketua PWI Perwakilan Pesawaran, Erlan Sofandi, di Pesawaran.

Menurut dia, koperasi tersebut merupakan wadah dan akan memiliki badan hukum yang sah sehingga dapat bersaing dengan koperasi lainnya yang sudah ada.

"Dasar pembentukan koperasi adalah semata-mata merupakan upaya bersama guna meningkatkan kesejahteraan para anggota," ujar dia.

Ia mengatakan, secara tidak langsung dengan adanya koperasi itu, anggota dapat belajar berwirausaha dalam pengelolaan koperasi, meskipun memang tidaklah mudah untuk mengembangkan suatu usaha koperasi.

Senada dengan Sekretaris PWI, Matrohupi Kabid Kesejahteraan  PWI Perwakilan Pesawaran, mengatakan, pembentukan koperasi itu semata-mata sebagai upaya peningkatan kesejahteraan bagi para anggota PWI, baik yang sudah lama atau pun baru bergabung keanggotaannya.

Ia menerangkan, dalam pembentukan koperasi itu sebelumnya terdapat tiga buah nama yang menjadi pertimbangan seluruh anggota yaitu Koperasi Pena, Koperasi Andan Pena dan Koperasi Qolam.

"Ke tiga buah nama tersebut memiliki filosofi masing-masing yang diharapkan dapat menjadi salah satu rujukan sehingga koperasi itu bisa berhasil," ujar dia.

Ia menambahkan, semula ada delapan buah nama, namun ketika dikonfirmasikan kepada ketua PWI Perwakilan Pesawaran muncullah tiga nama yang disepakati bersama tersebut.

Kemudian, ia melanjutkan, dari ketiga nama itu seluruh anggota menyepakati "Koperasi Qolam" sebagai badan usaha milik PWI itu yang dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota.

Menurut Matrohupi, Qolam sangat luas makna filosofinya, dalam bahasa arab Qolam berarti Pena, sementara dalam bahasa Indonesia Qolam atau kolam berarti tempat ikan dipelihara, yang artinya Koperasi Qolam itu nantinya, diharapkan dapat menampung segala keuntungan bagi seluruh kuli tinta (Pena) sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh anggota.

"Itulah sebabnya nama Koperasi Qolam kami sepakati sebagai nama koperasi di bawah naungan PWI perwakilan Pesawaran atau lebih bagusnya badan usaha milik PWI (BUMP) Pesawaran," terang dia.

Berdasarkan data, koperasi itu terbentuk pada 4 Desember 2010 dan ditetapkan Matrohupi selaku Ketua Umum Koperasi, Khaidir selaku Sekretaris Umum, Agus Setyawan Bendahara Umum dan Nana Riana sebagai Bendahara II. (*)

Berita Terkait: