PWI Prihatinkan Korban Bencana Alam

Blog Single
 Sample Image
Hendry Ch. Bangun
 
Jakarta (ANTARA News)- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyampaikan belasungkawa dan prihatin yang mendalam terhadap korban yang jatuh dan kepada korban yang selamat terpaksa harus menetap di pengungsian.

Sekretaris Jenderal PWI, Hendry CH. Bangun dalam keterangan pers di Jakarta, Senin, mengatakan, bencana alam yang terjadi secara beruntun di tanah air mulai dari longsor di Wasior,Papua Barat  tsunami di Mentawai , Sumatera Barat dan erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta telah menelan korban jiwa ribuan orang.

 

PWI meminta para korban bencana alam yang selamat agar tetap bersabar dan tabah menjalani ujian ini saampai ke luar dari kesulitan, katanya.

Hendry Bangun mengatakan, PWI meminta para anggota PWI dan media massa pada umumnya agar terus memperdalam pengetahuan tentang bencana dalam segala  permasalahannya sehingga menghasilkan liputan/ pemberitaan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Wartawan yang meliput bencana alam itu agar dapat  membekali diri dan terus menjaga  keselamatan dalam melakukan liputan dan tidak melakukan peliputan yang membahayakan diri sendiri dan juga pihak-pihak lain, katanya.

Menurut dia, pers nasional diimbau untuk terus menjaga pemberitaan yang akurat, hanya memberitakan prediksi dan opini dari pihak-pihak yang memiliki otoritas dan profesional.

Selain itu juga tidak bersikap spekulatif yang dapat menciptakan kegusaran masyarakat dan juga tidak menyiarkan berita bohong, ucapnya.

PWI menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada media yang telah menggalang dana dan menyalurkannya kepada korban bencana untuk rehabilitasi kawasan bencana.

Dengan terjadinya bencana alam di tanah air mulai dari longsor di Wasior, tsunami di Mentawai, dan erupsi di Gunung Merapi di Yogyakarta yang menimbulkan korban jiwa maka PWI menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. (*)

Berita Terkait: