Pers Berperan Tuntun dan Arahkan Demokrasi

Blog Single

 

Sample Image
Prof. Bagir Manan 
 

 

Palembang  (ANTARA News) - Ketua Dewan Pers Prof Bagir Manan mengatakan, pers berperan penting dalam menuntun dan mengarahkan proses demokratisasi politik.

Pers mendorong proses keputusan politik masyarakat sesuai dengan demokrasi, katanya ketika menyampaikan materi berjudul "Dimensi-dimensi Hukum dan Politik untuk Kemerdekaan Pers," kepada 23 siswa Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Sumatera Selatan, di Palembang, Senin.

 

Menurut dia, sampai sejauh ini peranan pers menuntun dan mengarahkan demokrasi politik dinilai telah berjalan efektif.

Terbukti melalui beragam media proses demokrasi di Indonesia berjalan terarah dan optimal, tambahnya.

Ia mengatakan, dalam hal ini kalangan pers hendaknya bisa memahami peranan dan fungsi sebagai penuntun dan pengarah politik menuju demokrasi tersebut.

Oleh karena itu, ia mengemukakan, jangan sampai peranan penting tersebut dikesampingkan dalam pemberitaan media baik cetak maupun elektronik..

Dia menjelaskan, selain berperan mendorong terbentuknya negara yang demokratis, pers juga berfungsi sebagai saranan komunikasi politik, mengarahkan pendapat umum agar teratur, terarah dan terorganisir.

Pers juga berfungsi sebagai sarana pendidikan politik dan berpartisipasi dalam mendorong kemerdekaan memilih bagi rakyat Indonesia, ujarnya. (*)

 

Berita Terkait: