Wartawan Harus Kaya Perbendaharaan Kata

Blog Single

Gorontalo (ANTARA News) - Ketua Umum Forum Bahasa Media Massa (FBMM), T.D Asmadi, menegaskan bahwa setiap wartawan sebaiknya harus kaya akan perbendaharaan kata.

 

"Seorang wartawan harus memiliki banyak perbendaharaan kata agar nantinya dia bisa lebih kreatif lagi dalam meningkatkan hasil karya jurnalitstiknya," kata Asmadi, Jumat, dalam Lokakarya Kode Etik Jurnalistik (KEJ) oleh Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) dan Dewan Pers untuk sejumlah wartawan Gorontalo.


Menurut Asmadi, wartawan adalah profesi yang paling tinggi keterlibatannya dengan penggunaan bahasa Indonesia. Setiap hari para wartawan bergulat dengan bahasa, memilih dan menyusun kata sehingga menjadi informasi yang menarik bagi khalayak.

 

Pengajar senior LPDS tersebut mengemukakan, seorang wartawan juga harus mampu menggunakan kata-kata yang tepat dalam menyajikan informasi.

Artinya adalah kata yang digunakan harus sanggup menimbulkan gagasan yang tepat pada imajinasi khalayak, seperti yang di inginkan oleh pembicara yang menjadi narasumber dari berita yang dibuat.

"Selain kaya akan perbendaharaan kata, ketepatan dalam menggunakannya juga adalah sangat penting dalam pemberitaan," kata Asmadi. (*)

Berita Terkait: