Pemprov Sumbar Beri Penghargaan ke Wartawan

Blog Single

Padang (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberi penghargaan kepada sejumlah wartawan penulis buku yang diterbitkan pada 2010.

Penyerahan penghargaan berupa uang tunai Rp5 juta per karya buku itu dilakukan Pelaksana tugas (Plt) Sekdaprov Mahmuda Rivai mewakili gubernur Sumatera Barat (Sumbar), di Padang, Jumat.

Mereka yang menerima penghargaan dari Pemprov Sumbar umumnya wartawan senior di daerah ini yang sudah sering melahirkan karya tulisan dalam bentuk buku.


Tujuh judul buku yang diberi penghargaan kepada penulisnya adalah "101 orang Minang di Pentas Sejarah" karya Hasril Chaniago, "10 Hari Galau Gulitas Pasca Gempa" karya Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar Basril Basyar dkk.

 

Selanjutnya buku "Gempa Dahsat Sumbar" karya Khairul Jasmi dkk, "Dukalara Gempa Padang" karya Sawir Pribadi, "Tambiluek" karya Fajarillah, "Hadiah Purnama dari Langit" karya Khairul Jasmi dan dkk.
Kemudian buku "Referensi Sejarah Minangkabau dari Pagaruyung sampai Semananjung" karya Fachrur Rasyid, dan "Melawan Kemiskinan dari Nagari" karya Hasril Chaniago dkk.


Sekdaprov Sumbar Mahmuda Rivai mengatakan penghargaan yang diberikan memang tidak terlalu besar nilainya, tetapi ini sebagai bentuk penghargaan dari pemerintah provinsi terhadap karya para wartawan.


"Penghargaan ini pantas diberikan atas karya yang dihasilkan para penulis dari kalangan wartawan, karena menulis buku tidak mudah, sedangkan untuk berbahasa Indonesia saja susah," katanya.

Oleh karena itu, ke depan program serupa akan terus dilanjutkan, serta diupayakan nilai nominal penghargaannya ditambah.

Sementara itu, Ketua PWI Sumbar Basril Basyar dalam sambutannya mengatakan wartawan senior memang sudah saatnya menulis buku ada usia matang, atau di atas 40 tahun.

 

"Jauh lebih bermanfaat menulis buku bagi wartawan senior dari pada membuat laporan dari lapangan. Untuk itu, mereka yang udah senior di dunia jurnalistik semestinya bisa melahirkan karya dalam bentuk buku," katanya menambahkan. (*)

Berita Terkait: