Margiono: Wartawan Harus Tumbuh Bersama Rakyat

Blog Single

 

Sample Image
Margiono 

 

Pangkalpinang (ANTARA News) - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono mengatakan, kalangan wartawan harus tumbuh bersama masyarakat agar mampu menjalankan fungsi kontrol sosialnya.

 

"Wartawan harus tumbuh bersama masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat jangan ada jarak agar benar-benar mampu menjalankan fungsi kontrol sosial," katanya usai menghadiri acara Konferensi Cabang (Konfercab) III PWI Provinsi Bangka Belitung (Babel) di Kota Pangkalpinang, Kamis.


Namun demikian, kata dia, wartawan mesti menjalin hubungan yang baik dan bermitra dengan berbagai instansi baik swasta.

"Fungsi pers tidak hanya mengedepankan kontrol sosial tetapi juga ada fungsi lain seperti pendidikan dan sebagainya," ujarnya.

Ia mengharapkan PWI daerah tumbuh dan maju dengan baik serta mampu menjalankan perannya sesuai dengan aturan yang ada.

 

"Diharapkan PWI dapat dijadikan forum memperbaiki diri dan profesi, jangan jadikan PWI sebagai alat kepentingan," ujarnya.

Ia meminta PWI daerah tidak membiarkan anggotanya tetapi harus dibina baik secara teknis dan mental.

"Sehingga perusahaan pers yang memiliki wartawan berkualitas dan profesional dapat menjalankan fungsinya dengan baik," ujarnya.

Bukan sebaliknya, pers yang menurut kemauan dan mencari model sendiri sehingga pers tumbuh tidak sehat.

"PWI harus mampu memperbaiki hal ini dan pemerintah diharapkan menjadi mitra yang baik untuk membantu profesi wartawan," ujarnya.

Menurut dia, pers yang berkembang dan maju tetap pers yang mengedepankan profesionalisme dan memiliki kualitas teruji.

"Pers yang mampu bertahan dan berkembang adalah pers yang mengedepankan profesionalisme dan menjaga kualitasnya," ujarnya. (*)

Berita Terkait: