PWI Jateng Hijaukan Lahan Kritis Blora

Blog Single

Semarang (ANTARA News) - Kampanye Jawa Tengah Hijau 2010 yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia cabang provinsi ini bakal menghijaukan lahan kritis di Kabupaten Blora, melalui aksi tanam pohon yang diselenggarakan pada Sabtu (8/5).

 

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Jawa Tengah, Hendro Basuki, di Semarang, Kamis, mengatakan bahwa lahan kritis di wilayah Blora mendesak untuk segera dihijaukan agar kembali muncul kawasan-kawasan resapan yang bermanfaat sebagai sumber mata air bagi masyarakat setempat.


"Kawasan resapan air ini diharapkan dapat bermanfaat bagi sumber air masyarakat, terutama di musim kemarau," katanya.

Menurut dia, aksi penanaman pohon secara massal yang juga didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta Perum Perhutani I ini, akan melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Sejumlah elemen masyarakat yang dipastikan turut meramaikan aksi tanam secara massal ini di antaranya kelompok tani, pelajar, tentara, dan pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora.

 

Ketua Panitia Kampanye Jawa Tengah Hijau 2010 Haryanto menambahkan para penggemar otomotif yang tergabung dalam "Singotoro Jeep Club" juga akan turut meramaikan aksi penanaman pohon ini.

 

Ia mengungkapkan, selain aksi penanaman pohon, kampanye Jawa Tengah Hijau ini juga akan diisi dengan pemberian penghargaan kepada sejumlah tokoh yang berjasa terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kepedulian tinggi terhadap lingkungan.

 

Ia menuturkan Persatuan Wartawan Indonesia akan memberikan Anugerah Parahita (anugerah bagi pemimpin yang peduli terhadap kesejahteraan rakyat) kepada Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo.

 

Selain itu, lanjut dia, persatuan wartawan juga akan memberikan Anugerah Kalyana Bhumi (sahabat lingkungan, red) kepada sejumlah tokoh, seperti Panglima Daerah Militer IV/ Diponegoro Mayor Jenderal Budiman, Pemimpin Umum Kelompok Usaha Suara Merdeka Kukrit Suryo Wicaksono,  serta Bupati Blora Yudhi Sancoyo.

 

Tiga korporasi juga memperoleh penghargaan tentang lingkungan ini, yakni PT Djarum Kudus, PT Pertamina Unit Pemasaran IV Semarang, serta Bank Indonesia Semarang.

"Para tokoh dan korporasi ini dinilai memiliki dedikasi untuk perbaikan kesejahteraan masyarakat serta lingkungan," katanya.(*)

Berita Terkait: