PWI Kalsel Cetak Wartawan Bermartabat

Blog Single

Martapura (ANTARA News) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan, Fathurahman, mengatakan bahwa pihaknyal siap mencetak wartawan yang berkarakter sekaligus bermartabat dalam menjalankan tugasnya.

 

"Kami siap mencetak pribadi wartawan yang memiliki karakter sekaligus menjunjung tinggi martabat dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik," ujar dia di Martapura, Senin.


Pernyataan itu juga disampaikannya dihadapan Sekjen PWI, Hendry CH Bangun dan Gubernur Kalsel, Rudy Ariffin, pada peringatan Hari Pers Nasional Daerah (HPND) Kalsel 2010 dan HUT PWI ke-64 di Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Sabtu.

 

Ia mengatakan, seorang wartawan dituntut memiliki karakter yang baik melalui pemahaman mendalam terhadap kode etik jurnalistik sehingga memahami tugas dan fungsi sebagai penyampai informasi kepada masyarakat melalui karya jurnalistiknya.

Sedangkan, wartawan yang bermartabat, kata dia, adalah sosok wartawan yang memiliki kepribadian santun, hormat dan bertanggungjawab baik terhadap nara sumber maupun karya jurnalistik yang dihasilkannya.

Dikatakannya, untuk merealisasikan wartawan yang memiliki karakter sekaligus bermartabat itu, pihaknya siap melaksanakan pelatihan wartawan khusus peliput Pemilukada yang dijadwalkan 15 Mei 2010.

Peserta pelatihan yang dikhususkan bagi wartawan peliput Pemilukada sebanyak 50 orang dari berbagai media massa baik cetak maupun elektronik di Kalsel serta wartawan dari Provinsi Kalteng yang diikutsertakan.

"Momennya bertepatan menjelang Pemilukada Kalsel sehingga diharapkan wartawan yang melakukan peliputan pemilihan umum kepala daerah itu mampu menjalankan tugasnya sesuai karakter dan bermartabat," ujarnya didampingi Sekretaris PWI Kalsel, Zainal Helmi.

Ditambahkan Helmi, selain memiliki karakter dan bermartabat, wartawan yang baik harus mampu menyajikan pemberitaan yang berimbang sehingga tidak memojokkan nara sumber disamping menyampaikan fakta yang sebenar-benarnya.

"Pemberitaan yang berimbang itu sangat penting sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan atas berita yang telah disebarluaskan wartawan melalui medianya disamping pemberitaan harus sesuai fakta dan kenyataan," ujar dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain pelatihan wartawan Pemilukada, PWI Kalsel juga siap menggelar safari jurnalistik regional Kalimantan yang pelaksanaannya dijadwalkan 21-26 Juni 2010.

Safari jurnalistik yang akan dilaksanakan selama satu minggu itu diikuti perwakilan media dari tiap provinsi di Kalimantan masing-masing sebanyak lima orang ditambah wartawan dari provinsi Kalsel sendiri yang ditargetkan sebanyak 50 orang. (*)

Berita Terkait: