BPS Lampung Gelar Sanggar Kerja Wartawan

Blog Single

Bandarlampung  (ANTARA News) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung menggelar sanggar kerja bagi wartawan guna meningkatkan pemahaman statistiknya dalam penyampaian berita dan informasi yang akurat.

"Kita ingin membagi informasi tentang bagaimana membaca dan memanfaatkan data dari BPS, sehingga pengguna bisa memahami secara benar," kata Kepala BPS Lampung, Muhamad Razif, di Bandarlampung, Rabu.


Ia menjelaskan, kegiatan tersebut sebaiknya dilakukan tiga bulan sekali, karena pergantian wartawan yang meliput kegiatan BPS cukup sering.

 

Pada acara yang dilaksanakan di Hotel Sahid Bandarlampung itu, selain jurnalis dari media cetak dan elektronik, juga diundang sejumlah pihak yang berkepentingan terhadap data.

Beberapa informasi yang disampaikan yakni mengenal BPS, mengenai Sensus Penduduk 2010, mengenai kemiskinan dan pengangguran.

Kemudian, inflasi, nilai tukar petani, perkembangan data statistik hotel, kompilasi statistik ekspor/impor, angka produksi padi, memahami indeks produksi industri, dan pertumbuhan ekonomi regional dan PDRB.

 

Razif menambahkan, pihaknya setiap awal bulan menyelenggarakan jumpa pers untuk memberikan informasi terkait sejumlah data.

 

Jurnalis televisi lokal Hendarto Setiawan, mengatakan kegiatan tersebut sangat berguna sekali guna meningkatkan pemahaman terkait pemberitaan, khususnya ekonomi.

"Selama ini, jurnalis hanya menyampaikan data apa adanya, tanpa adanya analisis yang mendalam," kata redaktur Radar TV itu. (*)

Berita Terkait: