Pers Pelajar Hindu Gelar Pelatihan Jurnalistik

Blog Single

Denpasar (ANTARA News) - Pers pelajar "Hindu Student Journalist Club" bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Bali menggelar pelatihan jurnalistik bagi siswa sekolah menengah umum dan kejuruan di Pulau Dewata.

 

"Pengenalan dasar-dasar jurnalistik melibatkan sekitar 75 perserta, kami jadwalkan berlangsung dua hari, 7-8 Mei mendatang," kata Putu Siawan, ketua panitia kegiatan tersebut di Denpasar, Minggu.

 

Ia mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan mampu menumbuhkan sikap generasi muda dalam bidang jurnalistik, meningkatkan sumber daya manusia sebagai persiapan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Hal itu didasarkan atas peranan pers yang sangat besar, di antaranya mampu mendukung komponen bangsa.

Peran dan kontribusi dalam mengisi ruang aktivitas serta kreativitas bangsa sangat besar. Bahkan pers selalu berperan dalam setiap perubahan di Tanah Air.

"Oleh sebab itu, kami ingin memberikan pembekalan kepada siswa, bagaimana peranan pers, kontribusi bagi perkembangan individu, kelompok, bahkan bangsa dan negara," ujar Putu Sriawan.

Demikian pula keberadaan pers pelajar sangat berperan dalam lingkungan intern maupun luar sekolah sebagai media komunikasi serta ajang aktivitas dan kreativitas siswa.

Putu Sriawan menambahkan, pada sisi lain zaman terus berubah, termasuk internal pers pelajar yang menuntut profesionalisme dalam mengelola dan mengaktualisasikan kreativitas tanpa merubah esensi dari pers tersebut.

"Untuk itu kita perlu terus mencetak insan pers pelajar yang aspiratif, independen serta bertindak sesuai etika dan disegani masyarakat," ucapnya. (*)

Berita Terkait: