PWI Kaltim Kembalikan Dana Rp167 Juta

Blog Single

Samarinda  (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Cabang Kaltim akan mengembalikan uang dari APBD Provinsi setempat senilai Rp167 juta. Uang tersebut merupakan sisa anggaran  dari kegiatan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2010.

 

"Kita memang akan mengembalikan uang Rp167 juta, namun kita belum tahu persis kapan waktu yang tepat untuk mengembalikannya. Untuk pastinya kita akan melakukan koordinasi dulu dengan Pemprov Kaltim," kata Ketua PWI Cabang Kalimantan Timur (Kaltim), Maturidi di Samarinda, Selasa.


Pernyataan itu disampaikan Maturidi saat membubarkan panitia Porwanas Kaltim di Sumatera Selatan (Sumsel) pada 2-9 Februari 2010. Pembubaran panitia yang dilakukan di Gedung PWI Kaltim itu juga membahas rencana PWI Kaltim ke depan sekaligus evaluasi kegiatan.

 

Dana senilai Rp167 juta yang akan dikembalikan itu merupakan sisa dana Porwanas 2010 yang diberikan Pemprov Kaltim senilai Rp1 miliar. Kemudian dari berbagai belanja untuk kegiatan dan pengadaan alat kelengkapan olahraga menyisakan dana senilai itu.

Dikatakan, bantuan yang diberikan senilai Rp1 miliar itu digunakan untuk membeli kostum kontingen, perlengkapan kontingen seperti sepatu, tas dan lainnya. Kemudian kostum olahraga, honor panitia, tiket pesawat ke Sumsel dan berbagai bentuk kegiatan lain.

"Sejumlah item yang saya ingat antara lain untuk honor panitia senilai Rp197 juta lebih, kemudian senilai Rp44,157 juta digunakan untuk membayar pajak, item lainnya saya lupa, namun laporan lengkapnya ada pada bendahara," kata Maturidi.

Matu, demikian panggilan sehari-hari Maturidi ini juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kaltim yang selama ini memberikan bantuan kepada PWI Kaltim bukan hanya untuk Porwanas, namun bantuan juga diberikan untuk berbagai kegiatan lain, seperti pelatihan jurnalistik bagi guru, dialog tentang pertambangan dan lingkungan serta kegiatan lainnya.

Matu juga berterima kasih kepada panitia Porwanas yang selama ini bersatu untuk bekerjasama sehingga atlet Porwanas Kaltim yang berangkat ke Palembang, Sumsel bisa menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik.

Peran Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Kaltim menurut Matu, merupakan salah satu seksi di PWI Kaltim yang paling aktif melakukan berbagai kegiatan, sehingga ia juga mengucapkan terima kasih kepada Siwo karena turut serta membesarkan nama PWI Kaltim melalui berbagai kegiatan yang dilakukan.

"Ada lagi satu seksi di PWI Kaltim yang juga termasuk aktif melakukan kegiatan, yakni Seksi Pendidikan yang melakukann pelatihan jurnalistik untuk guru, pelatihan untuk siswa dan mahasiswa serta kegiatan lain. Kita berharap seksi-seksi lainnya bisa lebih aktif," kata Maturidi. (*)

Berita Terkait: