M. Fitrah Raih Rp50 Juta dari Foto Adinegoro 2009

 

Sample Image

 

 

Jakarta (ANTARA News) - Muhammad Fitrah, fotografer Harian Umum Singgalang di Padang, menjadi juara anugerah foto jurnalistik Adinegoro 2009 bidang kemanusiaan yang berhadiah tropi, sertifikat dan uang senilai Rp50 juta.

 

Tim juri foto Adinegoro 2009 dalam penilaian di Sekretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Jakarta, menilai bahwa karya foto M. Fitrah bernilai jurnalistik tinggi dan mampu memperlihatkan kepekaan memanfaatkan momentum di tengah suasana tragis gempa bumi di Padang pada awal Oktober 2009. Foto tersebut dipublikasikan Harian Umum SInggalang pada 2 Oktober 2009.


Para juri terdiri atas Firman Ichsan (fotografer independen, wakil rektor Institut Kesenian Jakarta/IKJ), Enni Nuraheni (fotografer kantor berita Reuters) dan Oscar Motuloh (kurator Galeri Jurnalistik ANTARA/GFJA) memberikan nilai tertinggi ke karya M. Fitrah di antara 420 foto terseleksi.

 

Juri lomba foto jurnalistik Adinegoro 2009 memutuskan tidak ada pemenang untuk bidang demokrasi karena karya terseleksi dari peserta dinilai kurang memenuhi standar untuk meraih predikat juara.

M. Fitrah dijadwalkan menerima hadiah tropi, sertifikat dan uang senilai Rp50 juta dalam acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Palembang, Sumatera Selatan, pada 9 Februari 2010. (Ant/P003)

Berita Terkait: