PWI Aceh Timur Dukung Standar Kompetensi Wartawan

Blog Single

Langsa (Analisa) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Aceh Timur include Pemko Langsa dan Aceh Tamiang sangat mendukung disahkannya standar kompetensi wartawan oleh dewan pers, pimpinan organisasi media massa, ketua lembaga profesi wartawan dan para tokoh pers di gedung dewan pers Jakarta, Selasa (26/1).

 

Ketua PWI Aceh Timur Agusni AH didampingi Sekretaris Drs Arisnur dan Bendahara Eddyanto SST, di Sekretariat PWI setempat mengatakan, standar kompetensi wartawan ini merupakan salah satu syarat mutlak dalam upaya peningkatan kualitas wartawan dalam menjalankan profesi jurnalistik dan kemerdekaan pers.


Selama ini, diakui cukup banyak perusahaan pers lahir, media cetak terbit dengan merekrut wartawan yang kriteria atau standarnya tidak jelas, sehingga banyak warga dengan mudah menjadi wartawan.

 

Kondisi ini mengakibatkan munculnya wartawan-wartawan yang tidak bertanggungjawab atau diistilahkan wartawan bodrek, wartawan tanpa surat kabar dan lainnya yang tentunya sangat memberikan stigma negatif kepada insan pers, perusahaan pers ataupun organisasi pers yang menjalankan profesi sesuai koridor UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik," kata Agusni.

Dengan disahkannya standar kompetensi wartawan ini, maka diharapkan pers Indonesia akan lebih maju lagi, termasuk pers di daerah-daerah dan mampu meminimalisir bergabungnya wartawan-wartawan tidak jelas atau tidak berilmu pengetahuan.

Saat ini sebut Agusni, dengan semakin gampangnya masyarakat menjadi wartawan dan mudahnya membuat media cetak dan sejenisnya membuat wartawan-wartawan yang selama ini kredibilitasnya di tengah masyarakat cukup baik malah ikut merasakan dampak negatif.

"Tidak jarang wartawan bodrek yang berbuat salah, membuat masyarakat mencap bahwa semua wartawan sama. Tentu hal seperti ini harus kita hindarkan dan salah satunya dengan standar kompetensi wartawan tersebut. Mudah-mudahan pers di tanah air semakin jaya," ujarnya. (ed)

http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=42316:pwi-aceh-timur-dukung-disahkannya-standar-kompetensi-wartawan&catid=42:nad&Itemid=112

Berita Terkait: