Sumsel Segera Miliki Sekolah Jurnalistik Indonesia

Blog Single

Palembang  (ANTARA News) - Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) Sumatra Selatan (Sumsel) segera dibuka dan diresmikan bersamaan puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2010 pada 9 Februari mendatang.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana HPN ke-64 dan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) X tahun 2010 Firdaus Komar didampingi Sekretaris Agoes Hermawanto dan Ketua PWI Sumsel Oktap Riadi di Palembang, Jumat, Pengurus PWI Pusat telah pula menyampaikan rencana peresmian SJI di Sumsel itu.

 

Rencananya siswa SJI angkatan pertama akan mulai belajar, menyusul peresmian sekolah itu bersamaan puncak HPN 2010 dan Porwanas.

"Kuliah perdana bagi 30-an wartawan angkatan pertama SJI rencananya akan disampaikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan menghadiri puncak acara HPN itu," kata Firdaus.

Siswa SJI angkatan pertama adalah para wartawan media massa dan PWI Perwakilan di Sumsel. Mereka minimal lulusan diploma tiga (D-3) dan diutus oleh media tempat bekerja maupun utusan PWI Perwakilan di Sumsel.

Diklat SJI angkatan pertama berlangsung sekitar empat minggu, dengan jadwal kuliah Senin-Jumat selama empat jam per hari, sementara kurikulumnya disiapkan oleh PWI.

"Seluruh peserta perlu mendapatkan izin dari pimpinan media massa yang bersangkutan selama menjadi siswa SJI," kata Firdaus.

Sebelumnya, Ketua PWI Sumsel Oktap Riadi menegaskan kesiapan PWI dan panitia di daerahnya menjadi tuan rumah pelaksanaan puncak HPN dan Porwanas 2010 di Palembang.

Pengurus PWI Pusat dan PWI Sumsel serta panitia telah bertemu dengan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin berkaitan kesiapan Sumsel sebagai tuan rumah acara yang rencananya akan dihadiri Presiden dan sejumlah pejabat serta ribuan wartawan anggota PWI dari seluruh Indonesia itu.

Rangkaian HPN dan Porwanas itu antara lain akan diramaikan dengan berbagai kegiatan, seperti seminar dan dialog tentang pers, pemilihan tulisan terbaik tentang penyelesaian berbagai problematika di daerah, lomba penulisan Adinegoro, pameran foto jurnalistik, dan penghijauan/penanaman pohon oleh wartawan.

Ribuan atlet wartawan dari seluruh Indonesia juga siap berkompetisi dalam Porwanas yang mempertandingkan sejumlah cabang olah raga prestasi dan akan digelar di Palembang serta beberapa tempat lain di Sumsel. (*)

Berita Terkait: