Jumat, 31 Oktober 2014

Menegpora Siap Bantu Revitalisasi Sekolah Ragunan

JAKARTA,(Portal berita PWI )

Kondisi Sekolah Menengah Olahraga Ragunan, Jakarta Selatan yang dulu menjadi tempat pembinaan dan melahirkan atlet-atlet berprestasi internasional, saat ini kondisinya memperihatinkan. Oleh karena itu, Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenegpora) siap merevitalisasi sekolah yang saat ini pengelolaannya berada di bawah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut.
“Dulu Sekolah Ragunan itu jadi model percontohan negara lain, tapi sekarang sudah tidak lagi terurus dengan baik. WC-nya juga macet. Jika Pemerintah DKI tidak bisa mengelola, kita siap membantu merevitalisasinya,” ujar Adhyaksa Dault, Menteri Negara Pemuda dan Olahraga  (Menegpora) di Jakarta, beberapa waktu lalu Sebelumnya Sekolah Olahraga Ragunan dikelola langsung oleh Departemen Pendidikan Nasional,

Namun seiring berjalannya waktu, pengelolaannya kemudian beralih ke Dinas Pendidikan DKI dan ditangani oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT).. Dampaknya, fasilitas-fasilitas olahraga yang terdapat di sana kemudian tidak terkelola dengan baik. “Vacuum cleaner kolam renang sebagian besar mati. Airnya jarang diganti sehingga kotor,” tambah ayah dari Umar Adi Putra Adhyaksa (12) yang menjadi siswa di Sekolah Olahraga Ragunan.

Adhyaksa yang juga tokoh muda terpopuler tahun 2008 versi Reform Institute ini menegaskan, revitalisasi sekolah Ragunan merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan prestasi olahraga nasional yang saat ini mulai menggeliat seiring perekonomian nasional yang membaik.
Ia juga sudah mengkoordinasikan program revitaliasi sekolah olahraga tersebut dengan Sekretaris dan Deputi Kemennegpora. “SMAN Olahraga di Sidoarjo juga pernah saya minta untuk lebih dihidupkan dan ditingkatkan, saat ini kondisi sudah mulai membaik,” tambah Adhyaksa. (*)