Minggu, 25 Agustus 2019

Dari Silaturahmi dan Diskusi Pengurus PWI dengan Gubernur

FAZLUR RAHMAN

Kota Bengkulu

Pengurus PWI yang datang kemarin dipimpin langsung Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antony, SH, MH dan Sekjend Sahyarudin, S.Sos, MM beserta enam pengurus yang lain Wakil Ketua Heri Supandi, Wakil Sekretaris Tarmandi Alba, Sekretaris SIWO Masriyadi, SP dan anggota SIWO Fazlur Rahman serta Ketua Seksi Bidang Pendidikan, Hasanah.

Di hadapan para pengurus PWI, RM mengungkapkan bahwa media memiliki peran cukup penting dalam menarik investor untuk menanamkan modal di Provinsi Bengkulu. Gubernur mengibaratkan media ibarat “sound” sedangkan Pemda adalah “penyanyinya.”

“Jadi mau sebagus apapun penyanyinya melantunkan lagu, tapi kalau amflipiernya atau soundnya rendah, ya tidak ada suaranya. Tidak ada gaungnya. Berapa besar volume soundnya mau dibuat, itu tergantung dengan teman-teman media,” kata Gubernur sambil tersenyum lebar.

Sehubungan dengan hal tersebut, gubernur juga memandang perlunya keberadaan Humas di lingkungan sekretariat daerah (Setda) Provinsi Bengkulu. Sehingga kedepan, Humas lah yang menjalin kemitraan dengan media.

Oleh karena itu, Gubernur mengajak PWI dan media-media di Bengkulu untuk bersinergi ikut menyuarakan program-program pemerintah, sehingga pada gilirannya investor akan datang ke Provinsi Bengkulu. “Banyak pejabat tidak mau dikritik. Saya tidak anti kritik. Sebab, kita juga sebagai manusia kadang-kadang perlu untuk diingatkan,” kata Gubernur.

Gubernur juga sempat guyon dengan Ketua PWI dan Sekjend. Menurutnya, untuk menjadi wartawan hebat, tubuhnya harus kecil. Dia lalu mencontohkan Harmoko. Meski tubuhnya kecil, tapi RM menyebut Harmoko adalah wartawan hebat karena bisa menjadi Ketua Umum Golkar dan Menteri Penerangan semasa orde baru. “Harmoko itu, wartawan yang meski tubuhnya kecil, tapi pemikirannya hebat,” kata Ridwan.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga curhat betapa melelahkannya perjuangan dalam Pilkada beberapa waktu lalu. Namun karena sudah berpengalaman dua kali memenangkan Pilkada di Musi Rawas, dia akhirnya bisa melewati tahapan demi tahapan dengan baik. Dan akhirnya mendapat amanah masyarakat untuk tampil sebagai pemenang.

Gubernur juga menegaskan komitmennya untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih. “Makanya penandatanganan pakta integritas ini sebagai pondasi untuk menuju tata kelola pemerintahan yang semakin baik,” katanya.

Support Porwanas

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Zacky Antony menyampaikan rencana PWI Bengkulu mengirim kontingen untuk mengikuti Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) di Bandung 25 – 30 Juli 2016 serta rencana menggelar syukuran Hari Pers Nasional (HPN) pada Maret mendatang. “Porwanas ini memang lebih mengedepankan silaturahmi. Tapi meski demikian, kita tetap akan mengirim atlet,” ujar Zacky.

Terhadap hal tersebut, Gubernur mengatakan akan ikut mensupport sehingga PWI Bengkulu bisa berpartisipasi dalam Porwanas mendatang. “Kita support lah,” kata gubernur. (*)

 

Sumber: http://harianrakyatbengkulu.com/ver3/2016/02/27/dari-silaturahmi-dan-diskusi-pengurus-pwi-dengan-gubernur/