Rabu, 20 November 2019

Pengurus PWI Perwakilan Cianjur Dikukuhkan

24 Februari, 2016 - 13:51

 

CIANJUR, (PRLM).- Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Cianjur priode 2015-2018 dikukuhkan oleh Ketua PWI Jawa Barat melalui Sekretarisnya Uyun Achdiat di Balai Pawarti Cianjur Jalan Siliwangi, Rabu (24/2/2016).

Mereka yang dikukuhkan itu di antaranya Ketua Esa Mahendra, Wakil Ketua Achmad Fikri, Sekretaris Moh Ihsan, Wakil Sekretaris Deni Abdul Kholik, Bendahara, Dani Jatnika, Wakil Bendahara Eka Mahardika, Seksi Organisasi Firman Taqur, Seksi Advokasi Riki Sugilar dan Seksi Kesejahteran Gani Aris.

Sekretaris PWI Jawa Barat Uyun Achdiat mengungkapkan, ada 10 program utama PWI yakni pendidikan, pendidikan hingga kesembilan. Sisanya baru program lainnya. Artinya bahwa pendidikan menempatkan di posisi teratas, sehingga ini harus menjadi acuan PWI yang kepengurusannya baru dikukuhkan.

"Bahkan di struktur yang baru itu ada ketua pendidikan. Dalam pers harus kompeten untuk menuju kompeten sudah ada struktur baru yakni uji kompetensi wartawan. Diawali tahun 2011 dikejar melalui progran kompetensi," kata Uyun di sela pengukuhan pengurus PWI Perwakilan Cianjur.

Kaitan menuju pers profesional, lanjut Uyun, salah satunya wartawan harus kompeten melalui uji kompetensi. "Itu memang hajatnya Dewan Pers yang menunjuk PWI, lembaga pers dan perguruan tinggi yang ada jurusan jurnalistik minimal 10 tahun," tegasnya.

Melalui uji wartawan, menjadi prioritas PWI saat ini. Sertifikat uji kompetensi wartawan disyaratkan menjadi anggota biasa dan itu harus dilakukan. "Sejak tahun 2011 ada sekitar 172 kali uji kompetensi. Sudah meluluskan sekitar 5390 an. Terakhir pelaksanaan di Kota Sukabumi. Ada tiga kelas yakni Muda (reporter) Madya (redaktur) Utama (redpel, pemred dan pinprus)," katanya.

Ketua PWI Cianjur, Esa Mahendra mengatakan, selaku pewarta PWI masih banyak kekurangan dalam mewujudkan keberbangsa dan keadilan dalam menopang pembangunan secara penyeluruh terutama dan bidang informasi dan komunikasi

"Dilandasi dengan membangun profesional dan bertanggung jawab, sehingga pers Cianjur bisa berbudaya. Kami berusaha memenuhi pesan dan menjadikan organisasi ini sebagai wadahnya wartawan profesional dan berkarya," katanya (Bisri Mustofa/A-147)***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2016/02/24/362214/pengurus-pwi-perwakilan-cianjur-dikukuhkan