Rabu, 20 November 2019

Konkernas PWI, Menteri Puspayoga Jelaskan Langkah Reformasi Koperasi

Senin, 08 Februari 2016 , 08:11:00 WIB

Sumber: RMOL

Koperasi merupakan amanah UUD 1945, dalam pasal 33 disebutkan bahwa ekonomi disusun berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Demikian disampaikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga saat menyampaikan pidato dalam acara Konferensi Kerja Nasional Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) 2016 di Hotel Lombok Raya, Lombok, NTB Minggu, (7/2).

Konkernas merupakan bagian dari rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2016. Selain dihadiri Ketua Umum PWI Margiono dan beberapa pejabat PWI tingkat daerah, Konkernas ini juga dihadiri seluruh pengurus PWI provinsi seluruh Indonesia.

Puspayoga mengatakan bahwa Kemenkop dan UKM sudah melakukan reformasi total terhadap koperasi. Reformasi total ini dilakukan melalui tiga langkah.

Pertama, rehabilitasi. Yaitu membuat database koperasi dengan nomor induk seluruh Indonesia secara terintegrasi. Dengan langkah ini, dari total 209 ribu koperasi, ternyata ada 62 ribu yang tidak aktif.

"Kini yang 62 ribu sudah tak masuk lagi dalam database. Ini juga untuk mengembalikan citra koperasi," ungkapnya.

Langkah kedua adalah reorientasi. Dengan konsep ini maka kini yang diutamakan adalah kualitas sebuah koperasi, bukan lagi pada jumlah yang banyak.

"Ketiga, yaitu melakukan kordinasi dan kerjasama dengan kementerian lain. Kalau ada Permen (Peraturan Menteri) yang menghambat koperasi, kita bicarakan. Kementeriaan semunya harus sinergi, tidak boleh inklusif," jelas Puspayoga.

 

RMOL.co