Rabu, 20 November 2019

Rangkaian Kegiatan HPN 2016; Wartawan ASEAN Tanam Mangrove di Bali

Minggu, 07 Februari 2016 , 17:29:00 WIB

Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2016, salah satu rangkaian kegiatannya adalah penanaman pohon. Kegiatan penanaman berupa pohon mangrove dilakukan oleh para peserta HPN 2016 di Teluk Benua, Bali.

Kegiatan yang dilakukan diluar venue pelaksanaan HPN 2016 di Lombok ini merupakan "city tour" yang diikuti oleh perwakilan wartawan peserta HPN 2016 dan perwakilan wartawan asing yang tergabung dalam Confederation ASEAN Journalist (CAJ). Menggunakan seragam kaos berwarna hitam bertuliskan Save Mangrove Save Earth para peserta menanam mangrove di Talaga Baja, Tanjung Benoa, Bali Minggu sore, (7/1).

Kegiatan yang disupport penuh oleh Artha Graha Peduli (AGP) ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bali, Wiranata beserta jajaran pemerintah Provinsi Bali. Penanaman dilakukan persis di lokasi penanaman mangrove oleh Duta Mangrove Bali, Cristiano Ronaldo dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Sabar Gorky, pendaki gunung tuna daksa yang telah menaklukkan tiga puncak gunung tertinggi di dunia, yang juga baru ditetapkan sebagai duta mangrove Bali ikut menanam pohon bersama-sama pemerintah Provinsi Bali dan kalangan pers.

Wiranata selaku Kadis Kehutanan Provinsi Bali memberikan apresiasi terhadap insan pers yang sedang menjalani perhelatan akbar HPN 2016 dan menyempatkan diri menanam mangrove di Bali sebagai wujud nyata kepedulian terhadap lingkungan.

"Saya menaruh apresiaso kepada perwakilan wartawan dari PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), walaupun sedang punya hajat di Lombok, namun berkenan datang menanam pohon di Bali," kata Wiranata.

Sementara, Sabar Gorky yang telah ditetapkan menjadi Duta Mangrove Bali mengaku sangat bersemangat untuk menghijaukan Provinsi Bali dan mencegah kerusakan lingkungan akibat sampah yang mencemari hutan-hutan Mangrove di Pulau Dewata ini.

"Saya sangat terkesan sekali dan saya ingin berusaha menghijaukan Bali dengan penanaman mangrove ini," ujarnya.

Kegiatan penanaman pohon nantinya juga akan dilakukan pada hari puncak perhelatan HPN 2016 tanggal 9 mendatang di Bandara Internasional Lombok bersama Presiden Joko Widodo.

"Empat anggota Forum Peduli Mangrove Bali (FPMB) dipercaya oleh Paspamres untuk menggalikan lubang penanaman pohon bagi Preside Jokowi dan rombongan. Itu suatu kebanggaan bagi kita," ujar Heru Wasesa, Chief FPMB sekaligus Executive Director Artha Graha Peduli (AGP).

 

Panitia HPN 2016

 

Source: http://www.haripersnasional.com/read/2016/02/07/172/Wartawan-ASEAN-Tanam-Mangrove-di-Bali-