Sabtu, 23 November 2019

Sail Of Journalist, Mulai Lomba Foto hingga Diskusi Kemaritiman

Senin, 01 Februari 2016 , 16:11:00 WIB

Sail of Journalist adalah salah satu kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 diikuti oleh 200 jurnalis dari berbagai daerah yang akan berlayar menggunakan KRI Makassar dari Surabaya menuju Lombok, tempat perhelatan acara puncak HPN 2016. Dijadwalkan tanggal 5 Februari, rombongan jurnalis akan berangkat dari Pangkalan TNI Angkatan Laut di Ujung, Surabaya dan akan tiba di Lombok pada keesokan harinya (6/2).

Awalnya kegiatan berlayar yang disokong oleh TNI AL ini akan menggunakan KRI Soeharso, namun ternyata KRI Soeharso sedang dipergunakan satuan TNI AL menuju Timor Leste. Ketua Panitia Pelaksana HPN 2016, Teguh Santosa menjelaskan di atas KRI Makassar selama perjalanan Sail Of Journalist, para peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan yang sudah dipersiapkan oleh panitia pusat. Kegiatan itu meliputi lomba foto kegiatan di KRI Makassar yang di upload ke jejaring sosial instagram, latihan olah pikiran, tubuh dan jiwa, workshop writing skill dan diskusi standarisasi UKW (Uji Kompetensi Wartawan).

"Nanti diatas kapal juga akan digelar diskusi kemaritiman tentang posisi Indonesia dalam perebutan pengaruh maritim dunia," kata Teguh.

Teguh mengatakan sejak pendaftaran Sail Of Journalist dibuka, begitu banyak media yang ingin mengirim perwakilan mereka untuk mengikuti Sail of Journalist. Namun lantaran tempat yang tersedia sangat terbatas, panitia hanya mengalokasinya tidak lebih dari 200 peserta yang mengikuti kegiatan ini.

"Peminatnya sangat banyak, namun termpatnya terbatas, tidak semua bisa ditampung," kata Teguh lagi.

Direncanakan, sebelum KRI Makassar berangkat menuju Lombok, para peserta Sail of Journalist akan dilepas langsung oleh Ketua Dewan Pers Bagir Manan di Surabaya pada tanggal 5 Februari.

"Ketua Dewan Pers akan melepas Sail of Journalist menuju Lombok," pungkas Teguh.

 

Panitia HPN 2016

Source: http://www.haripersnasional.com/read/2016/02/01/155/Sail-Of-Journalist,-Mulai-Lomba-Foto-hingga-Diskusi-Kemaritiman-