Selasa, 17 September 2019

Executive Summary Hari Pers Nasional (HPN) 2016

Rabu, 20 Januari 2016 , 13:47:00 WIB

Tanggal: 6-9 Februari 2016 Tempat: Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) Didukung Dewan Pers, Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Asosiasi Televisi Seluruh Indonesia (ATVSI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Persatuan Peusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Serikat Grafika Pers (SGP), Serikat Penerbit Suratkabar (SPS), Kantor Menko Maritim dan Sumber Daya, Kementerian Pariwisata, Kementerian Komunikasi dan Informatika, TNI Angkatan Laut, dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Dihadiri sekitar 2.000 insan pers dari seluruh Indonesia

Tema: Pers yang Merdeka Mendorong Poros Maritim dan Pariwisata Nusantara

Kegiatan utama:

 

SAIL OF JOURNALIST

Menggunakan KRI Makassar milik TNI AL, berangkat dari Pangkalan Armada Timur di Ujung Surabaya, pada tanggal 5 Februari, tiba dan berlabuh di Pantai Senggigi tanggal 6 Februari.

Diikuti 200 peserta, terdiri dari 150 wartawan dan pelajar berprestasi. Diharapkan Ketua DPD RI, Menko Maritim dan Sumber Daya Alam, serta KSAL ikut dalam pelayaran. Sepanjang perjalan diisi sejumlah kegiatan, seperti seminar bertema kemaritiman dan jurnalisme juga workshop penulisan. Kegiatan lain adalah atraksi dari Korps Marinir TNI AL.

 

OPERASI KATARAK

Menurut data yang dimiliki Kementerian Kesehatan, Provinsi NTB merupakan daerah dengan tingkat penderita katarak tertinggi di Indonesia dan dunia (4,0 persen). Operasi katarak dilakukan di RS Yatofa, Lombok Tengah (50 pasien) dan di RS Sondosiya, Bima, (175 pasien) didukung Indosiar-SCTV Group dan Sido Muncul, serta tim dokter mata Pemprov NTB dan Dinkes Lombok Tengah dan Dinkes Bima.

Operasi katarak akan dilakukan pagi hari tanggal 9 Februari 2016. Diharapkan Presiden Joko Widodo berkenan mengunjungi lokasi operasi di Lombok Tengah, sebelum atau sesudah menghadiri Acara Puncak HPN 2016 di Pantai Mandalika.

 

PAMERAN PERS DAN ALUTSISTA

Diselenggarakan di Lombok City Center (LCC) sejak tanggal 5 Februari hingga 9 Februari. Pameran diikuti berbagai media massa nasional dan daerah, juga instansi pemerintah dan sejumlah perusahaan. Korps Marinir TNI AL juga diharapkan ikut memamerkan alutsista dan menampilkan berbagai atraksi kemampuan tempur dan penguasaan medan.

Di arena pameran juga akan dilaksanakan pasar murah kerjasama panitia dengan Artha Graha Peduli (AGP). 

 

PENGHIJAUAN

Dilakukan di halaman Bandara Internasional Lombok. Akan ditanam 1.000 batang pohon kerjasama panitia dengan AGP dan Pesantren Haramain. Diharapkan Presiden berkenan ikut menanam pohon.

 

KONVENSI PERS DAN SEMINAR

Mengangkat sejumlah persoalan yang dihadapi pers nasional, juga membahas berbagai upaya agar posisi dan peran pers nasional semakin positif dalam proses pembangunan nasional, khususnya dalam mendorong gagasan poros maritim dan meningkatkan sektor pariwisata nusantara.

Tema konvensi, Refleksi Nasional Menjawab Tantangan Pembangunan Poros Maritim dan Menghadirkan Kesejahteraan. Keynote speaker Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli. Pembicara, Gubernur Nusa Tenggara Barat, M. Zainul Majdi; Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara; pengamat media dari Universitas Airlangga DR Herlambang P Wiratraman, serta anggota anggota Dewan Pers Imam Wahyudi.

Konvensi diikuti tiga diskusi tematik yang dilakukan secara bersamaan.

Tema pertama, Revolusi Mental Pers Indonesia Menuju Pers Profesional dan Sejahtera dengan nara sumber Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani; anggota Dewan Pers, Nezar Patria; pimpinan Sekolah Jurnalis Indonesia, Marah Sakti; anggota Pokja Revolusi Mental A. Muchlis Yusuf.

Tema kedua, Wisata dan Infrastruktur NTB Peluang Devisa dalam Perspektif Pers Nasional dengan narasumber Menteri Pariwisata, Arief Yahya; Kepala Bappeda NTB; dan jurnalis National Geographic Indonesia.

Tema ketiga, Dialog BUMN: Peran BUMN dalam Meningkatkan Profesionalitas Perusahaan Pers dengan narasumber Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., Arif Wibowo; Dirut PT Pertamina (Persero) Tbk., Dwi Soetjipto; PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Suparni; dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad.

Selain itu juga ada Investment Forum yang akan dihadiri Dutabesar dan perwakilan negara sahabat, juga kalangan jurnalis asing. Pembicara utama dalam Investment Forum adalah Gubernur Provinsi NTB.

Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) juga akan menggelar seminar bertema Pendidikan Kemandirian Perempuan untuk Melawan Perdagangan Orang. Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menggelar seminar Literasi Media bersama Mahasiswa di kampus IAIN Mataram. Sekolah Jurnalistik Indonesia akan menggelar workshop bersama Missouri School of Journalism.

 

ACARA PUNCAK

Diselenggarakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Lombok. Mandalika merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata baru yang telah dicanangkan pemerintah. Selain mendengarkan amanat Presiden RI, dalam acara puncak ini juga akan diserahkan penghargaan Anugerah Adinegoro, Anugerah Kebudayaan dan Spirit of Journalism.

Selain itu juga akan ditandatangani sejumlah inisiatif seperti pencanangan Induk Kopeasi Wartawan, dan pembangunan Politeknik Pariwisata NTB, dan sebagainya.

Presiden diharapkan berkenan meletakkan batu pertama pembangunan Politeknik Pariwisata NTB dan mencanangkan nama jalan Pers Nasional di Lombok.

 

Jakarta, 20 Februari 2016

 

H. Margiono

Penanggung Jawab HPN

 

Teguh Santosa

Ketua Pelaksana HPN 2016

Source: http://www.haripersnasional.com/read/2016/01/20/106/Executive-Summary-Hari-Pers-Nasional-(HPN)-2016-