Selasa, 24 September 2019

Anugerah Adinegoro Digelar Lagi, Wartakotalive.com Masuk Nominasi

Ketua Bidang Multimedia PWI Priyambodo RH (kiri) bersama Dewan Penasehat Pengurus PWI Tribuana Said (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan terkait Anugerah Jurnalistik Adinegoro di Kantor PWI, Jakarta, Rabu (7/1/2015). Anugerah Jurnalistik Adinegoro melombakan 8 kategori, yaitu Indepth Reporting, News Feature Television, News Feature Radio, Tajuk Rencana, Karikatur, Foto Berita, News Feature Online, dan Infotainment. Sementara pemenang setiap kategori akan diumumkan dalam acara Hari Pers Nasional di Batam 9 Februari 2015 mendatang. 

WARTA KOTA, JAKARTA - Anugerah Adinegoro sebagai penghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik Indonesia digelar lagi tahun ini.

Wartakotalive.com pun ikut ambil bagian dalam lomba karyajurnalistik yang digelar setiap tahun tersebut. Wartakotalive.com masuk dalam kategori karya jurnalistik siber (cyber).

Dalam kategori tersebut Wartakotalive.com bersaing dengan sejumlah media besat seperti Antara, Tempo.co, Tribun Medan, Tribun Pontianak, dan Republika Online. Total ada 23 judul karyajurnalistik siber dari 11 media siber.

"Secara keseluruhan jumlah peserta lomba jurnalistik Adinegoro meningkat dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2013 ada 314 karya jurnalistik yang ikut lomba. Sedangkan tahun 2014 ini diikuti oleh 407 judul karya jurnalistik dari delapan kategori," ujar Maria D Adriana, Ketua Panitia Pelaksana Lomba Jurnalistik Adinegoro, dalam jumpa pers Anugerah Adinegoro di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Rabu (7/1/2015).

Delapan kategori yang dilombakan dalam Anugerah Adinegoro2014 ini adalah Jurnalistik Foto (116 judul karya), Tajuk (43 judul karya), Jurnalistik Radio (18 judul karya), Karikatur (36 judul karya), Jurnalistik Infotainment (15 judul karya), Jurnalistik Siber (23 judul karya), Jurnalistik Tulis (indepth reporting) sebanyak 57 judul karya, dan Jurnalistik TV (45 judul karya).

Sementara itu, Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Priyambodo RH, karya jurnalistik yang dinilai adalah karyajurnalistik yang dibuat dalam rentang waktu tahun 2014.

"Batas pengiriman karya terakhir adalah tanggal 2 Januari 2015 stempel pos. Sementara waktu penjurian adalah 15-22 Januari 2015. Nantinya para juri dan profesional yang dilibatkan akan mencari satu pemenang dari setiap kategori," kata Priyambodo.

Pemenang Anugerah Adinegoro akan diumumkan dalam puncak Hari Pers Nasional (HPN) tanggal 9 Februari 2015 di Batam, Kepulauan Riau. Pemenang akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta.

Dalam kesempatan itu, Tribuana Said, anggota Dewan Penasehat Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), mengatakan penghargaan Adinegoro ini adalah sebagaipenghargaan tertinggi untuk karya jurnalistik di Indonesia.

"Penghargaan ini menjadi tolok ukur kemajuan pers di Indonesia, meningkatkan mutu karya jurnalistik, dan memotivasi banyak wartawan Indonesia--bersama media tempat mereka bekerja--untuk membuat karya-karya jurnalistik par excellence, yang luar biasa, sesuai dengan kaidah pers yang berlaku di Indonesia," katanya.