Senin, 22 Juli 2019

Dubes Korsel bertamu ke PWI

Dubes Taiyoung Cho dan MargionoJakarta (PWI News) - Duta Besar Korea Selatan untuk Republik Indonesia, Taiyoung Cho, pada Jumat bertamu ke Sekretariat PWI Pusat guna meningkatkan hubungan kedua negara melalui komunitas pers.

"Kita bertemu lagi ya. Senang sekali, saya akhirnya dapat mengunjungi kantor kalian. Tahun lalu beberapa dari kalian sudah ke kantor saya ya?," ujar Cho, yang diterima langsung oleh Ketua PWI Pusat Margiono didampingi sejumlah pengurus hariannya.

 

Sapaan Cho itu dikemukakan kepada sejumlah pengurus PWI yang medio November 2013 beranjangsana ke Korsel, termasuk kantornya saat masih menjabat Wakil Menteri Luar Negeri dan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Korea Selatan.

Cho sangat menyambut baik semakin meningkatnya hubungan PWI dengan Asosiasi Wartawan Korsel (Journalists Association of Korea/JAK), dan selama setahun ini telah saling mengunjungi antar-negara mereka.

Ia juga megemukakan kegembiraannya saat mengetahui Margiono akan memimpin delegasi PWI guna menghadiri pertemuan wartawan sedunia di Seoul, ibukota Korsel, pekan depan.

"Saya yakin kunjungan Anda akan bermanfaat bagi pers Korea maupun internasional. Anda punya anggota yang sangat banyak," demikian Cho, yang mengetahui anggota PWI saat ini mencapai sekira 14.000 wartawan.

Margiono juga menyampaikan kegembiraannya mendapat kunjungan Dubes Taiyoung Cho.

"Saya dan PWI sangat terhormat karena Anda hadir ke PWI, bahkan sebelum Anda bertemu Presiden Susilo Yudhoyono," ujarnya sambil tertawa bersama Dubes Cho.

Hal itu dikemukakan Margiono karena mengetahui Dubes Cho baru tiba di Jakarta dua minggu lalu, dan belum bertemu dengan Presiden Yudhoyono guna menyerahkan surat kepercayaan sebagai simbol tugasnya selaku Dubes Korsel untuk Indonesia.

"Anda memang sahabat baik PWI," kata Margiono menambahkan. (*)