Kamis, 19 September 2019

PWI Sultra adakan UKW

Kendari (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesai (PWI) Cabang Sulawes Tenggara (Sultra) melaksanakan uji kompetensi wartawan (UKW) yang diikuti sebanyak 21 orang dari berbagai media massa di daerah ini.

Ketua PWI Cabang Sultra, Sudirman Duhari didampingi sekretaris PWI Sultra, La Ode Masrafi, di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa pelaksanaan UKW yang pertama kali diselenggarakan di Sultra merupakan tindak lanjut dari kerjasama PWI Sultra dengan Dewan Pers.

"Sebenarnya cukup banyak peminat yang mau ikut UKW, namun karena terbatasnya jumlah tim penguji, peserta UKW pun dibatasi jumlahnya," katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan ketentuan, setiap penguji hanya bisa melakukan UKW bagi peserta paling banyak tujuh orang.

Dari 21 orang peserta UKW, tujuh orang yang akan mengikuti pada tingkatan Muda, tujuh orang pada kelompok Madya dan tujuh orang dari kelompok Utama.

UKW yang akan diselenggaran mulai tanggal 15-16 November 2013, kata Sudirman, rencananya akan dibuka oleh Ketua Umum PWI pusat. Sementara Pemerintah rovinsi Sultra akan diwakili oleh Kepala Biro Humas Provinsi Sultra.

Menurut Sudirman yang juga Pempred Harian Media Sultra, UKW ini sangat penting karena standar kompotensi wartawan diperlukan untuk melindngi kepentiungan publik dan hak pribadi masyarakat, serta  meningkatkan kualitas dan profesional wartawan.

Jumlah peserta yang akan mengikuti UKW, selain dari wartawan dari media massa lokal dan kontributor perwakilan media dari luar daerah.