Minggu, 17 November 2019

Menpora buka Porwanas XI di Banjarmasin

Menpora Buka PorwanasMartapura (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo membuka Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XI di Stadion Demang Lehman Martapura, Kalimantan Selatan, Senin.

Pembukaan multievent olahraga khusus wartawan itu dihadiri Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono, Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kalsel dan undangan lain.

Menpora memberikan apresiasi yang tinggi terhadap PWI Kalsel karena bisa mempersiapkan diri menjadi tuan rumah event olahraga wartawan tiga tahunan yang diikuti seluruh insan pers Indonesia itu.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap PWI Kalsel karena siap dan mampu menjadi tuan rumah menggantikan Jawa Timur yang sebelumnya diminta menjadi tuan rumah," ujar menpora dalam sambutannya.

Ia menekankan, pihaknya bangga atas pelaksanaan event dan setuju Porwanas menjadi pesta olahraga bagi wartawan karena seluruh peserta yang berpartisipasi merupakan wartawan di bawah naungan PWI.

"Olahraga dan wartawan adalah hal yang berbeda, tetapi olahraga turut menjadikan wartawan sebagai manusia yang sehat secara jasmani dan rohani sehingga kami bangga wartawan mampu berprestasi di bidang olahraga," ujarnya.

Ketua PWI Margiono mengatakan, keberhasilan Kalsel menjadi tuan rumah berkat dukungan berbagai pihak termasuk dukungan Pemprov Kalsel dan pemerintah kabupaten dan kota se Kalsel.

"Bantuan yang diberikan sangat membantu kelancaran pelaksanaan Porwanas dan harapan kami kegiatan ini memberikan kesan mendalam bagi setiap peserta," katanya.

Gubernur Kalsel Rudy Ariffin mengatakan, Porwanas XI Kalsel diharapkan menjadi sarana kebangkitan olahraga wartawan sekaligus meningkatkan peran pers sebagai salah satu pilar demokrasi.

"Harapan kami, Porwanas ini menjadi wahana penting bagi peningkatan prestasi wartawan disamping memberikan manfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani setiap insan pers," katanya.

Ketua PWI Kalsel sekaligus Ketua panitia pelaksana Porwanas XI Fathurahman mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan sejak 12-20 September 2013 diikuti 1.875 peserta yang berasal dari 32 PWI cabang seluruh Indonesia, 350 penggembira, dan 250 peserta Kongres PWI.

"Ada sepuluh cabang olahraga yang dipertandingkan yakni sepakbola, futsal, catur, bridge, bulu tangkis, biliar, tenis lapangan, tenis meja, atletik dan bola voli," katanya. (*)

 

Keterangan foto: Menpora Roy Suryo (nomor empat dari kanan) bersama Ketua Umum PWI Pusat, Margiono (nomor tujuh dari kanan), saat pembukaan Porwanas 2013 di Banjarmasin, Senin (16/9).