Sabtu, 23 November 2019

Jelang UKW, Wartawan Malang ikuti pembekalan

LENSAINDONESIA.COM - Wartawan di Malang Raya (Kota Malang, Batu dan Kabupaten Malang) sangat antusias mengikuti pembekalan uji kompetensi di Guest House, Selasa (11/06/2013).

Keantusiasan mereka tidak lepas dari semangat untuk mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) yang bakal diadakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang, 14-15 Juni 2013 nanti.

Ada sekitar 35 wartawan dari berbagai media didampingi Kabag Humas Pemkot Malang, Ade Herawanto yang mengikuti pembekalan yang diberikan wartawan senior Malang Husnun N Djuraid. Para wartawan dari berbagai media baik cetak, radio maupun televisi itu menilai sangat penting untuk bisa lolos dari UKW.

Makanya, wartawan media nasional maupun lokal tak mau ketinggalan saat mengikuti pembekalan yang diadakan Forum Wartawan Kota Malang bersama Humas Pemkot Malang. “Ini penting agar saat UKW nanti kita tidak kebingungan,” jelas Ketua Forum Wartawan Kota Malang, Muhammad Taufik.

Hal senada juga diungkapkan pemateri pembekalan, Husnun N Djuraid. Menurut dia, pembekalan ini memang sekedar gambaran bagaimana dan apa yang harus disiapkan sebelum mengikuti UKW. Harapannya, kata dia, agar ketika menjalani uji kompetensi bisa mengerjakan dengan baik dan hasilnya memuaskan.

Lantas Husnun N Djuraid, mantan Kepala Biro Jawa Post Malang ini menguraikan materi terkait dengan UKW itu. Di antaranya, mengenai manajemen berita, membangun basis data, membangun dan memelihara lobi serta memahami kode etik jurnalistik.

Pemahaman materi tersebut, kata dia, harus juga ditunjang oleh kemampuan dan skill dalam mengolah berita. Meski begitu, Husnun yang juga mantan Pimred Malang Post ini mengingatkan bila dalam penilaian kelulusan seorang wartawan saat menjalani UKW itu dibagi tiga kategori.

Di antara kategori itu disebutkan seperti untuk wartawan muda, madya dan utama. “Setiap kategori itu mater ujiannya beda. Sebab disesuaikan dengan tingkatannya. Karena itu harus mempersiapkan secara khusus agar bisa lulus. Namun, semua materi ujian sangat terkait erat dengan profesi kita sehari-hari sebagai wartawan,” pungkasnya.