Rabu, 18 September 2019

PWI Lampung Gelar Uji Kompetensi Wartawan

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co): Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Lampung akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), pada 3-4 Juni 2013.

"UKW rencananya diikuti 49 wartawan, rinciannya 11 peserta madya dan 38 muda," kata Ketua PWI Cabang Lampung, Supriyadi Alfian, di Bandar Lampung, Kamis (30-5).

Ia menyebutkan, sebanyak 49 peserta UKW itu berasal dari sejumlah daerah di Lampung, yakni Kabupaten Tulangbawang (15 orang), Waykanan (sembilan), Pringsewu (tiga), Lampung Utara (tiga), Mesuji (dua), Lampung Selatan , Tanggamus, pesawaran dan Kota Bandar Lampung. Menurutnya, rangkaian UKW yang digelar di Balai Wartawan Solfian Akhmad itu akan dilaksanakan safari jurnalistik oleh PWI Pusat, yakni Marah Sakti Siregar, Hendri Ch Bangun, dan Encub Subekti.

"Mereka juga sebagai tim penguji UKW, disamping penguji dari PWI Lampung," kata dia. Ia juga mengharapkan peserta dapat mengikuti UKW dengan tertib dan dapat mengerjakan materi yang diujikan sehingga mereka nantinya berkompeten. Ketua PWI Lampung itu mengatakan lebih lanjut pihaknya menargetkan pada tahun ini sebanyak 250 wartawan berkompeten karena mengikuti UKW.

Artinya lanjut dia hampir separuh anggota PWI Lampung berkompeten sehingga menjadi profesional dalam melaksanakan tugasnya. Ia mengatakan bahwa seorang wartawan itu kerjanya mulai dari melakukan kegiatan jurnalistik secara teratur untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mmengolah dan menyampaikan infromasi.

"UKW jangan dijadikan beban wartawan karena takut tidak lulus. Sebenarnya materi yang diujikan itu merupakan pekerjaan sehari-hari mereka," kata dia. Di sisi lain menurut dia pelaksanaan UKW yang merupakan masuk program PWI Lampung membutuhkan dana yang tidak sedikit karena itu perlu dukungan semua pihak termasuk pemerintah daerah.

Dia mengharapkan Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menganggarkan kegiatan atau program-program PWI Lampung.

"Pada tahun 2013, PWI Lampung tidak mendapatkan kucuran dana dari Pemprov Lampung," katanya.