Kamis, 21 November 2019

34 Wartawan Jateng Ikuti Ujian Kompetensi

SEMARANG (KRJogja.Com) - Sebanyak 34 Wartawan media Cetak dan elektronik mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan yang digelar PWI Jawa tengah di Gedung Pers Jateng, Jumat-Sabtu (17-18/05/2013) . Ujian dimaksudkan untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi sebagai wartawan yang memenuhi standar dan kemampuan profesional.

Dari 34 wartawan tersebut, 5 diantaranya mengikuti uji kompetensi jenjang Utama, 18 jenjang Madya dan 21 jenjang Muda. Mereka diuji oleh penguji dari PWI Pusat dan Dewan Pers seputar materi kode etik jurnalistik, membuat tajuk, feature & berita, editing, investigasi, depth reporting dan membangun jejaring sumber berita.

Para penguji terdiri dari E Subekti (PWI Pusat), Sihono (PWI Yogyakarta), Hendro Basuki (PWI Jateng), Soetjipto SH (DKD), Jayato Arus Adhi (PWI Jateng) dan Djunaedi (PWI Pusat).

Ketua PWI Jateng Hendro Basuki berharap, adanya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para wartawan di Jawa Tengah untuk memenuhi tuntutan profesionalisme. Khususnya bagi anggota PWI Jawa Tengah, dirinya berharap segera mungkin mengikuti UKW sehingga semua bisa tersertifikasi, baik di tingkat Muda, Madya hingga Utama.

"PWI Jateng tidak henti-hentinya mengupayakan peningkatan kemampuan anggotanya agar tampil profesional. Oleh karena itu PWI Jawa Tengah intens menyelenggarakan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) dan Uji Kompetensi Wartawan guna menjawab kebutuhan tersebut," ungkap Hendro Basuki.