Kamis, 21 November 2019

BJ Habibie dianugerahi Medali Emas Kemerdekaan Pers

BJ Habibie bersama Bagir MananManado (inilah.com) – Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie dianugerahi Medali Emas Kemerdekaan Pers. Medali kehormatan itu akan diterima langsung Habibie dari Panitia Hari Pers Nasional, Sabtu (9/2/2013) ini di Manado.

Hari Pers Nasional (HPN) jatuh pada setiap tanggal 9 Februari, dan diperingati kalangan industri pers nasional secara bergantian di kota yang berbeda setiap tahun. Peringatan HPN diselenggarakan bersama organisasi kewartawanan seperti PWI, serikat perusahaan pers, dan Dewan Pers.

Acara penyerahan medali emas kemerdekaan pers untuk BJ Habibie akan diserahkan dalam suatu acara peringatan sederhana berupa tumpengan yang menandai Hari Pers, di Grand Kawanua Convention Center, Manado. Panitia HPN yang diketuai Muhammad Ikhsan, Pemimpin Redaksi Majalah Warta Ekonomi, juga akan menggelar acara nonton bareng film Habibie-Ainun.

Apa peran Habibie terhadap pers nasional? Bagi kalangan pers Indonesia, Habibie telah berjasa dalam memperkuat kemerdekaan pers. Perubahan fundamental kekuatan hukum mengenai kemerdekaan pers, terjadi pada tahun 1999, seiring terjadinya pergantian kekuasaan dari Orde Baru ke Orde Reformasi.

Merlalui Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, yang diundangkan 23 September 1999, dan ditandatangani Presiden BJ Habibie, Dewan Pers berubah menjadi Dewan Pers (yang) Independen. Pasal 51 ayat (1) UU Pers menyatakan, “Dalam upaya mengembangkan kemerdekaan pers dan meningkatkan kehidupan pers nasional, dibentuk Dewan Pers yang independen.”

Fungsi Dewan Pers Independen tidak lagi menjadi penasihat pemerintah tetapi pelindung kemerdekaan pers. Tidak ada lagi wakil pemerintah dalam keanggotaan Dewan Pers seperti yang berlangsung selama masa Orde Baru.

Hubungan struktural antara Dewan Pers dan pemerintah diputus, terutama sekali dipertegas dengan pembubaran Departemen Penerangan oleh Presiden Abdurrahman Wahid.

http://nasional.inilah.com/read/detail/1956214/medali-kemerdekaan-pers-untuk-bj-habibie#.USTEBDe_6Ul

Naskah orasi "Kemerdekaan Pers Dikalbui Cinta" BJ Habibie dapat diunduh di: http://habibiecenter.or.id/detilurl/id/214/publication/Pidato.BJ.Habibie.Pada.Acara.Hari.Pers.Nasional