Minggu, 17 November 2019

Hari Pers Nasional milik masyarakat Indonesia

MANADO (Tribun Manado News) -  Hari Pers Nasional (HPN) bukan hanya milik insan pers. Hari Pers merupakan milik masyarakat Indonesia.

Hal itu sebagaimana disampaikan Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, Tarman Azam saat rapat panitia pusat dan lokal di ruang Mapaluse, Kantor Gubernur, Jumat (11/1/2013).

Azam mengungkapkan, pentingnya pandangan itu disampaikan ke masyarakat luas, sama seperti Polri punya hari Bhayangkara, TNI punya hari ABRI, begitu pun pers, namun hakikatnya hari-hari spesial itu merupakan milik masyarakat "HPN milik kita bangsa indonesia, seluruh masyarakat harus tahu, HPN adalah hari kita semua," ungkapnya.

Dalam rapat panitia pusat dan lokal kemarin, melakukan pemantapan dan koordinasi.

Ikhsan, Ketua Panitia Pusat HPN mengungkapkan, acara HPN di Manado kali ini harus berlangsung spektakuler, bahkan nantinya bakal jadi acuan bagi tuan rumah hari pers selanjutnya. Sejumlah agenda penting telah direncanakan, termasuk kepastian hadirnya Presiden Susilo Bambang Yuhoyono (SBY) di Manado "Presiden sebenarnya punya agenda kunjungan luar negera, karena acara ini ada penyesuaian, hampir pasti beliau hadir dalam HPN," ujarnya.

Selain presiden, sejumlah menteri pun dijadwalkan hadir, di antaranya Dahlan Iskan Menteri BUMN, dan Hatta Rajasa Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Di kesempatan itu pula akan digelar deklarasi tokoh pers nasional, pameran foto, mengulas masalah kebangsaan yang selama ini belum pernah diagendakan, ada pula Pertemuan wartawan Internasional. Selain juga rencana peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Merah Bitung, dan peletakan batu pertama jalan Tol Manado Bitung yang jadi agenda sodoran Pemerintah Sulut, untuk memperkenalkan Sulut sebagai pintu gerbang asia pasifik

Mendukung itu semua, kegiatan pun dirangkaikan untuk kunjungan wisata "Saya usul secepatnya jadwal dan tempat objek wisata segera disampaikan," ujar Ihksan.

Adapun, Ketua PWI Pusat, Margiono memuji kesiapan panitia lokal menjelang HPN Februari 2013 mendatang. Apalagi menurutnya, Pemprov Sulut punya trak rekor positif menyelenggarakan, event berskala internasional semacam World Ocean Conference, CTI dan Sail Bunaken. "Yang penting tempat acaranya seperti konvensi, dan pameran sudah dipastikan tempatnya. Hari ini kita datang untuk pastikan itu," sebutnya

Panitia lokal menunjuk lokasi Manado Convention centre sebagai tempat pameran dan lokasi Konvensi Pers di Grand Kawanua.

Rencananya, untuk koordinasi yang lebih mantap dua orang panitia pusat akan ikut bergabung bersama panitia lokal di Manado sampai kegiatan HPN dibuka.

(Penulis: Ryo_Noor/Editor: Robertus_Rimawan)
http://manado.tribunnews.com/2013/01/12/tarman-azam-hpn-milik-masyarakat-indonesia