Senin, 20 Januari 2020

Wartawan CBC Dibebaskan Pasukan Afghanistan

Kabul (ANTARA News/DPA) - Mellissa Fung, wartawan CBC Kanada yang telah hampir sebulan diculik di Afghanistan, akhirnya dibebaskan oleh para agen intelijen Afghanistan, kata para pejabat Afghanistan membenarkan hal itu, Minggu.

"Saya bisa membenarkan bahwa wartawan Kanada tersebut telah dibebaskan setelah para sesepuh suku melakukan perundingan dengan para penculik," kata Adma Khan Serat, jurubicara gubernur provinsi Wardak, di mana wartawan tersebut disembunyikan, kepada Kantor Berita Jerman (DPA).

Namun, Sayed Ansari, juru bicara Direktorat Keamanan Afghanistan atau dinas intelijen, mengatakan kepada DPA bahwa sandera tersebut dibebaskan dalam suatu operasi yang dilakukan agen-agen mereka di provinsi Wardak, Sabtu malam.

Ansari mengatakan. mereka menahan tiga orang yang diculik, dan operasi yang dilakukan berhasil menahan tiga anggota kelompok tersebut, seorang di antaranya ditangkap di luar negeri.

Dia menolak memberikan identifikasi para penculik, atau memberikan keterangan lebih rinci mengenai operasi itu.

Seorang pejabat kepolisian Afghanistan, yang bersedia memberikan keterangan tanpa disebut jatidirinya mengatakan, bahwa penculikan dilakukan satu geng kriminal, yang menuntut uang tebusan bagi pembebasan mereka.

Majikannya, Perusahaan Penyiaran Berita Kanada, penerbit John Cruickshank, menurut Fung adalah wartawan yang mendapatkan penugasan kedua kalinya di Afghanistan, juga telah dibebaskan setelah 'upaya-upaya yang dilakukan oleh pakar-pakar keamanan.'

Perdana Menteri Kanada Stephen Harper dikutip oleh suratkabar nasional Kanada, National Post, mengatakan, Fung tampaknya akan dalam semangat yang bagus di bawah situasi seperti  ini.

Dia mengatakan, tidak ada uang tebusan yang dibayarkan dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Presiden Afghanistan Hamid Karzai serta pihak-pihak di Afghanistan atas upaya mereka membebaskan Fung.

Menurut penuturan CBC, Fung bisa menggerakkan pemerintah berkaitan  penculikannya. "Penculik adalah bukan militan Taliban, kata Fung.

Dia dicomot 12 Oktober oleh orang-orang bersenjata pada saat dia melakukan peliputan dari suatu kamp di luar kota Kabul, kata CBC. Dia sebenarnya bekerja pada pangkalan militer Pakta Perthanan Atlantik Utara (NATO) di Kandahar. (*)