Sabtu, 23 November 2019

Jakob Oetama bangga August Parengkuan jadi Dubes Italia

Persatuan Wartawan Indonesia

Jakarta (KOMPAS.com) - Pendiri Harian Kompas dan Komisaris Utama Kompas Gramedia, Jakob Oetama, mengaku bangga August Parengkuan, wartawan senior Kompas, ditunjuk Pemerintah Indonesia menjadi Duta Besar untuk Italia.

"Akhirnya ada di antara kita ada yang menjadi pejabat negara dalam posisi duta besar. Ini suatu kebanggaan. Dalam pengertian, wartawan kita dihargai. Sebab menjadi duta besar, apalagi Italia, tidak mudah," kata Jakob Oetama dalam acara perpisahan dengan wartawan senior Kompas August Parengkuan di Hotel Santika Jakarta, Selasa (11/9/2012).

Hadir dalam acara itu, CEO Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Rikard Bagun, mantan Duta Besar RI untuk Australia Sabam Siagian yang juga mantan Pemimpin Redaksi The Jakarta Post, dan sejumlah undangan dari Kompas Gramedia.

Menurut Jakob, hubungannya dengan August sangat dekat. Dalam lima tahun terakhir ini, Jakob Oetama sering meminta August mewakili dirinya untuk menghadiri berbagai acara undangan, termasuk acara dengan duta besar-duta besar.

"Jujur saya tidak mengira August ditunjuk sebagai Dubes. Tak ada dalam pikiran saya sebelumnya. Karena seperti yang saya lihat, August adalah orang yang tak punya ambisi pribadi. Dia hanya ingin jadi wartawan," kata Jakob.

"Tak pernah tersirat dari dalam dirinya bahwa ia ingin menjadi redaktur, ingin menjadi wakil pemimpin redaksi. Dia selalu bilang ingin menjadi wartawan saja. Homo faber, sudah kodratnya manusia itu bekerja. Dengan pekerjaan, ekspresi, kemanusiaan tumbuh dan berkembang, mempunyai makna. Selalu bersemangat. Sikap itulah yang dibutuhkan oleh perusahaan kita," ungkap Jakob.

"Sekarang betuk-betul surprise. Saya harus menyebutnya Yang Mulia," kata Jakob, yang disambut tawa hadirin. "Kita semua ikut bersyukur, ikut bangga. Dan saya yakin August tidak akan mengecewakan pemerintah," lanjutnya.(*)

http://nasional.kompas.com/read/2012/09/11/15054957/Jakob.Oetama.Bangga.August.Parengkuan.Jadi.Duta.Besar