Kamis, 19 September 2019

PWI Papua siapkan UKW kedua

Jayapura  (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Papua bekerja sama dengan PWI Pusat akan menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) kedua pada 21-23 Oktober 2012.

Sekretaris PWI Cabang Papua, Leo Dapot Siahaan, di Jayapura, Senin, mengatakan bahwa pihaknya berencana menggelar uji kompetensi kedua bagi sejumlah wartawan di ibu kota Provinsi Papua, Kota Jayapura, dan sekitarnya.
"PWI Papua akan menggelar UKW di daerah ini dan direncanakan pada 21 - 23 Oktober," katanya.

Pihaknya juga sedang berupaya agar ada pihak ketiga ataupun pemerintah setempat untuk membantu menjadi sponsor UKW kedua ini, tanpa ada ikatan apapun. Namun demikian, ia mengharapkan ada kontribusi dari perusahaan media massa yang wartawannya akan mengikuti UKW.

Jika ada wartawan ingin mengikuti UKW, menurut dia, minimal wartawan tersebut telah bekerja selama lima tahun, terdaftar di salah satu organisasi profesi kewartawanan, dan mendapat surat rekomendasi dari pemimpin redaksi yang merupakan tempatnya bekerja.

"Untuk jumlahnya tergantung dari berapa banyak wartawan yang bisa lolos ikut UKW ini, karena ada persyaratan yang harus dipenuhi," katanya.

Menurut dia, saat ini di provinsi Papua terdapat 43 wartawan yang telah mengikuti UKW tahap pertama yang diselenggarakan oleh PWI Papua.

"Pada UKW pertama ada 43 wartawan yang sudah dinyatakankompeten, yakni 13 wartawan utama, 20 wartawan madya, dan sisanya wartawan muda. Saat ini tinggal menunggu sertifikat dari Dewan Pers dan PWI Pusat di Jakarta," katanya.

Leo juga mengemukakan, saat ini ada tiga wartawan utama asal Papua yang telah mengikuti pelatihan calon penguji UKW di Bogor, Jawa Barat, pada beberapa waktu lalu yang disiapkan menjadi penguji.

"Ada tiga wartawan utama asal PWI Papua yang sudah bisa menjadi penguji, tetapi saat ini masih akan magang dulu," ujarnya. (*)