Rabu, 20 November 2019

30 Wartawan Kaltim Ikut Sekolah Jurnalistik

Persatuan Wartawan Indonesia
Marah Sakti Siregar

Balikpapan (tribunkaltim.co.id) - Sebanyak 30 wartawan di Kalimantan Timur mengikuti Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Angkatan III yang digelar di Hotel Pacific Balikpapan, 18-30 Juni 2012.

Program SJI Angkatan !!! 2012 ini dibuka Wakil Walikota Balikpapan, Heru Bambang, dengan ditandai penyematan kartu peserta SJI kepada salah seorang wakil wartawan yang menjadi peserta.

Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat, Marah Sakti Siregar mengatakan, SJI merupakan program PWI untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan. Menurutnya, banyak wartawan di Indonesia yang belum memiliki pendidikan jurnalisme, sehingga perlu ada pelatihan dan pendidikan tambahan.

“Kurikulum SJI mengacu rumusan kompetensi jurnalisme menurut UNESCO Model Curricula for Journalisme Education, sehingga memiliki standar internasional,” ujarnya.

Wartawan lanjut Marah, merupakan profesi publik yang tidak boleh memihak kepada pemerintah maupun kelompok tertentu. Tidak hanya itu, wartawan, khususnya yang tergabung dalam PWI ke depan harus memiliki sertifikat uji kompetensi.

Heru Bambang menyambut baik adanya SJI ini. Dia berharap, melalui pendidikan jurnalisme, wartawan lebih cerdas dalam memberikan informasi dan berita. “Profesi wartawan itu seperti juga ustad maupun pendeta yang mengajak dan menyampaikan kabar yang benar. Namun, di balik profesi mulia ini , banyak tantangan yang harus dihadapi wartawan,” ungkapnya.

Heru berharap wartawan bisa menyampaikan informasi secara benar sesuai fakta. Sementara Sekretaris PWI Cabang Kaltim Intoniswan dalam laporannya mengatakan, program SJI di Balikpapan ini merupakan yang ke-3 kalinya setelah digelar di Samarinda pada 2010 dan 2011. SJI terlaksana berkat bantuan Pemprov Kaltim, dan kerja sama dengan Kementerian Pendidikan Nasional.

“SJI akan dilaksanakan selama 14 hari, 18-30 Juni. Rencananya akan dilanjutkan dengan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Kami berharap peserta bisa mengikuti SJI dengan baik hingga selesai. Salah satu penilaian SJI adalah siswa harus mengikuti seluruh materi dan menaati tata tertib,” tandasnya. (*)