Rabu, 20 November 2019

Kaltim Prioritaskan Wartawan Kompeten ke Porwanas

http://bimg.antaranews.com/kaltim//2012/04/small/20120408ukw.jpg
Dokumen Foto ANTARA: Pelaksanaan UKW di Kalimantan Timur.

Samarinda – Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Kalimantan Timur memprioritaskan wartawan anggota PWI Kaltim lulus uji kompetensi  untuk mengikuti seleksi Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) XI-2013 di Surabaya, Jawa Timur.

“Ini sebagai apresiasi kami terhadap pelaksanaan uji kompetensi wartawan atau UKW, hal itu sejalan dengan UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers, yakni mengamanatkan agar wartawan Indonesia harus profesional,” kata Ketua Siwo PWI Kaltim, Iskandar Z Datu di Samarinda, Jumat.

Hal itu, katanya,  bentuk dukungan nyata untuk mendukung kesepakatan  agar seluruh wartawan sudah mengantongi sertifikat UKW pada tahun 2013.

PWI Kaltim pada ajang tiga tahunan tersebut akan mengirimkan 55 atlet mengikuti sembilan cabang olahraga, yaitu atletik, bulutangkis, bridge, biliar, bowling, catur, futsal, tenis meja dan  tenis lapangan. Saat ini telah terdaftar sebanyak 70 wartawan yang akan ikut seleksi di masing-masing cabang olahraga.

Ia mengakui bahwa sampai kini dari 200-an wartawan PWI Kaltim baru 60-an yang mengantongi sertifikat UKW namun diharapkan agar jumlahnya terus meningkat. Meski demikian, tidak semua wartawan yang telah lulus UKW dapat mengikuti Porwanas karena sebagian masih berstatus anggota muda PWI. Sedangkan salah satu syarat sebagai atlet Porwanas yaitu anggota PWI yang telah berstatus anggota biasa.

“Semoga langkah Kalimantan Timur ini juga diikuti oleh daerah lain dalam melakukan seleksi calon atlet pada Porwanas 2013 sebagai dukungan nyata kita agar wartawan profesional sesuai amanat UU Pers,” ujar Iskandar. (*)