Jumat, 15 November 2019

Uji Kompetensi Wartawan PWI Jabar

http://koransidak.com/modules/news/images/4fabd07ac42a9.jpg
(Foto dokumen Koran Sidak: Uji Kompetensi Wartawan di Bandung, 8-9 Mei 2012)
 
Bandung (koransidak.com) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menyelengarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), di PWI Cabang Jawa Barat yang diikuti 42 peserta Muda, Madya dan Utama yang dilaksanakan di Gedung Korpri, Bandung.

Marah Sakti Siregar selaku Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat dalam samnbutannya mengatakan, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sesuai dengan Peraturan. Dewan Pers Nomor Peraturan - DP/II /2010, tertanggal 2 Februari 2010 Tentang Standar Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan di Bandung pada taggal 8-9 Mei 2012.

 

Marah Sakti Siregar juga mengimbau kepada para peserta UKW, kalau nanti tidak lolos artinya ini kompetensi yang tertunda, dan semoga kedepan agar kembali mengikuti kompetensi.

Sementara itu, Ketua PWI Cabang Jawa Barat, Mirza Zulhadi, saat ditemui mengatakan, jumlah wartawan di PWI Cabang Jawa Barat sekitar 1.200 anggota. Dari jumlah tersebut baru ada sekitar 125 orang yang menyandang predikat Kompeten berdasarkan hasil Uji Kompetensi Wartawan.
 
Pelaksanaan Uji Kompetensi yang diselenggarakan pada tanggal 8-9 Mei ini diikuti oleh 42 peserta yaitu dari Muda 16 peserta, Madya 18 peserta dan Utama 8 peserta.

Dalam uji Kompetensi tersebut para penguji melakukan penyaringan dan yang berhak lolos dalam Uji Kopetensi ada 30 orang peserta dan sisanya 10 Orang peserta tertunda. Sedangkan bagi peserta yang tertunda oleh penguji diminta untuk mengikuti Uji Kopetensi yang akan diselenggarakan oleh PWI Pusat .

Sri Mulyono wartawan Harian Terbit yang ditemui usai Uji Kompetensi mengatakan, sangat mendukung sekali program yang dilakukan PWI Pusat. Dengan diadakannya Uji Kompetensi ini diharapkan kedepan rekan-rekan wartawan bisa mengikuti Uji Kompetensi, karena dengan Uji Kompetensi rekan-rekan wartawan bisa menimba Ilmu yang sangat bermanfaat.

“Rekan-rekan wartawan bisa menjalankan tugas secara proporsional, apalagi saat ini dilapangan banyak sekali oknum mengaku wartawan. Dengan diadakannya Uji kopetensi bisa mengurangi gerak oknum yang mengaku wartawan,” ujarnya. (*)
 
http://koransidak.com/pwi_gelar_uji_kompetensi_wartawan_berita259.html