Rabu, 18 September 2019

Liga Media PWI Dukung Peningkatan Kualitas SDM

Palangkaraya  (ANTARA News) - Liga Media Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kalimantan Tengah (Kalteng) 2011 dinilai bisa mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) daeran ini, kata Wakil Gubernur (Wagub) H. Achmad Diran.

Ketika membuka liga media di Borneo Sport Center Palangka Raya, Jumat, dia mengatakan bahwa event yang merupakan penjaringan atlet Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Jawa Timur (Jatim) pada 2013 itu juga dapat mendukung program pemerintah daerah.

Achmad Diran membuka liga media yang dihadiri Wakil Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Pusat, Rudy Novianto, dan diikuti sekitar 200 wartawan anggota PWI dari 13 kabupaten dan kota di Kalteng.

Selain itu, katanya, seminar tentang "Upaya Pembinaan Olahraga Berprestasi di Provinsi Kalteng" yang berlangsung Sabtu (26/11) juga akan menambah motivasi bagi pengurus olahraga provinsi Kalteng yang telah menyumbang prestasi di tingkat nasional.

  Liga media itu digelar SIWO PWI Cabang Kalteng dimaksudkan untuk menjaring atlet Porwanas 2013 di Surabaya. Pelaksanaan event ini mendapat dukungan penuh Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Rudy Novianto, yang juga Direktur Sekretariat PWI Pusat, mengatakan bahwa PWI Pusat menyambut baik kegiatan liga media PWI Kalteng 2011 dan seminar olahraga yang diprakarsai PWI Cabang Kalteng berlangsung  sejak 25-27 Nopember 2011.

Seminar olahraga sangat bermanfaat karena memberi masukan kepada Pemerintah menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII di Riau. Di sisi lain, SIWO PWI ikut membantu KONI Kalteng untuk meningkatkan prestasi Olahraga menuju PON 2016.

"Pemda juga membantu PWI untuk meningkatkan sumber daya manusia wartawan Kalteng seperti Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) yang akan dilaksanakan PWI Kalteng pada 2012. Ini diharapkan meningkatkan kemampuan profesional wartawan di masa mendatang," ucap Rudy.

Achmad Diran mengatakan, pihaknya siap memberi dukungan pada setiap kegiatan PWI Cabang Kalteng pada 2012 karena itu dinilai dapat memajukan prestasi atlet dan pembangunan di daerah tersebut.

Kepada para atlet liga media PWI Perwakilan 13 Kabupaten, orang nomor dua di provinsi yang kaya akan sumber daya alam (SDA) tersebut mengharapkan tetap menjunjung tinggi sportivitas.

  "Gunakan ajang liga media sebagai kesempatan silaturahmi dan lebih meningkatkan kebersamaan antarsesama insan pers di Kalteng," katanya menambahkan. (*)