Kamis, 21 November 2019

Polisi Pantai Gading Tahan Wartawan

Abidjan (ANTARA News/AFP) - Polisi Pantai Gading menahan tiga wartawan satu surat kabar yang setia pada mantan Presiden Laurent Gbagbo dengan tuduhan menghina presiden, kata pengacara mereka.

Cesar Etou, direktur publikasi harian Notre Voie, ditahan untuk diperiksa bersama dengan kepala bidang politik Boga Sivori dan pemimpin redaksi Didir Depry,kata pengacara Serge Essouo kepada AFP.
Etou dan Sivori ditahan setelah dituduh melakukan penghinaan  terhadap Presiden Pantai Gading Alassane Ouattara, kata jakas penuntut umum Simplice Kouadio Koffi.

Gbagbo ditahan April lalu setlah krisis empat bulan yang meletus ketika ia menolak mengaku kalah dari Ouattara  dalam pemilu November tahun lalu dan menyebabkan sekitar 3.000 orang tewas.

Dalam satu artikel yang disiarkan Senin, surat kabar itu menyatakan "pada saat rakyat Pantai Gading mati kelaparan Ouattara memesan 40 mobil Mercedes seharga lebih dari dua juta dolar untuk digunakan para anggota pemerintahnya."

Dalam edisi Kamis, surat kabar itu mengeritik apa yang disebutnya rencana-rencana pemerintah untuk mendevaluasi mata uang lokal, CFA Franc, kendatipun dibantah bank sentral.

"Undang-undang kita menghukum orang-orang yang menyebarkan informasi palsu  yang dapat merusak kepercayaan  pada mata uang itu," kata jaksa.

Kelompok advokasi Wartawan Tanpa Perbatasan mengecam "pelanggaran-pelanggaran serius" terhadap kebebasan pers di negara itu. (*)