Rabu, 18 September 2019

SEA Games 2011 Diliput 3.000 Wartawan

Jakarta (ANTARA News) - SEA Games ke-26 di Jakarta dan Sumatera Selatan, 11-22 November 2011, diliput sekitar 3.000 wartawan dari dalam  dan luar negeri, demikian data yang diperoleh dari Sekretariat Indonesia SEA Games Organizing Committee (Inasoc) atau Panitia Pelaksana SEA Games di Jakarta, Senin.

Dari jumlah tersebut 2.300 di antaranya merupakan wartawan dalam negeri. Sementara wartawan asing berjumlah 700-an. Sampai Senin malam Bagian Akreditasi Media Inasoc terus menginput data para wartawan yang mengajukan aplikasi untuk mendapatkan media akreditasi peliput SEA Games.

 

Para wartawan tersebut terdiri dari wartawan media massa cetak, situs web, radio, dan televisi.  Jumlah peliput SEA Games kali ini  merupakan yang terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan SEA Games.

Jumlah pemohon akreditasi media peliput SEA Games ini masih terus berdatangan. Namun Inasoc telah menutup pendaftaran bagi media massa tanggal 26 September lalu.

Untuk memudahkan para wartawan dalam menjalankan tugas mereka, Inasoc menyediakan Main Press Centre (MPC) atau Pusat Media Utama di Jakarta dan Palembang. Selain itu juga terdapat International Broadcast Centre (IBC) atau Pusat Penyiaran Internasional.

Di MPC tersebut tersedia data hasil-hasil pertandingan untuk para wartawan, khususnya wartawan tulis. Sementara IBC merupakan pusat pengumpulan hasil liputan radio dan televisi sebelum dipancarkan ke seluruh penjuru Asia Tenggara dan dunia.

Pesta Olahraga Antarnegara Asia Tenggara tersebut akan mempertandingkan 43 cabang olahraga. Terdapat total 545 nomor pertandingan yang akan dilaksanakan, atau sekitar 50 pertandingan final sehari.

Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah pertandingan 23 cabang olahraga. Selain itu Sumatera Selatan akan menjadi penyelenggara upacara pembukaan dan penutupan SEA Games Ke-26.

Upacara Pembukaan akan dilaksanakan di Stadion Jakabaring, Palembang, 11 November. Sementara Upacara Penutupan berlangsung di tempat yang sama, 22 November.

Meskipun secara resmi SEA Games akan dibuka 11 November, namun sejumlah cabang olahraga sudah akan dipertandingkan sebelum tanggal tersebut. Sepakbola, misalnya, sudah akan memulai pertandingan tanggal 3 November mendatang di Jakarta.

Jakarta akan menjadi tuan rumah penyelenggara 24 cabang olahraga. Meskipun secara resmi disebutkan Jakarta sebagai tempat pertandingan, namun praktiknya sebagian di antaranya dilaksanakan di wilayah Provinsi Jawa Barat. Misalnya pertandingan nomor ketangkasan berkuda di Depok. Balap sepeda nomor down hill di Sentul, Bogor, dayung tradisional di Waduk Cipule, Karawang, balap sepeda nomor jalan raya di Subang, dan terbang layang di Gunung Mas, Puncak.
(T.ANT-133)