Selasa, 17 September 2019

Lomba Karya Jurnalistik Danone Aqua

Jakarta (ANTARA News) - Danone Aqua kembali mengadakan lomba karya tulis dan foto jurnalistik "Anugerah Abikarya Syahdana" sebagai bentuk apresiasi kepada wartawan yang sering meliput dan memberitakan aktivitas Danone Aqua serta menyosialisasikan pentingnya air dan pelestarian lingkungan hidup.

Direktur Komunikasi Perusahaan Danone Aqua, Troy Pantouw, di Jakarta, Rabu, mengatakan, "Anugerah Abikarya Syahdana" atau "Anugerah Jurnalistik Aqua" bertujuan mengapresiasi wartawan karena pihaknya sadar pentingnya peranan media dalam program edukasi tentang peranan air dan lingkungan hidup.
"Kami sangat menghargai semangat rekan-rekan jurnalis di seluruh Indonesia untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui tulisan-tulisan dan karya foto mereka," kata Troy.

Pada 2011 merupakan tahun kedua Danone Aqua menyelenggarakan lomba karya tulis jurnalistik. Pada 2010 terdapat sebanyak 700 artikel dalam bentuk berita, artikel, dan hasil wawancara, yang masuk dari seluruh wartawan, kontributor dan koresponden resmi berbagai media cetak dan online di seluruh Indonesia.

"Pada tahun ini kami mengharap lebih banyak lagi artikel yang masuk. Apalagi tahun ini kami kembangkan bukan hanya artikel, melainkan untuk foto juga," lanjut Troy.

Ia berharap, bukan hanya dari segi jumlah namun sisi kualitas isi artikel dan foto yang dilombakan juga berbobot serta membawa pesan edukasi dan informasi yang penting dan bermanfaat bagi masyarakat," tandas Troy.

Anugerah Jurnalistik Aqua merupakan kerjasama Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara dengan Danone-Aqua. Tahun 2011 ini mengambil tema "Peranan Air untuk Kesehatan Manusia dan Peningkatan Produktivitas" dan "Pengelolaan Air Secara Terpadu dan Pelestarian Lingkungan".

Karya tulis dan foto yang dilombakan adalah artikel dan foto yang disiarkan pada periode 1 Januari 2011 hingga 30 November 2011. Pemenang akan diumumkan pada akhir Desember 2011.

Peserta lomba adalah wartawan (tulis atau foto), kontributor dan koresponden resmi dari berbagai media (cetak dan online) di seluruh Indonesia, tanpa batasan usia. Panitia juga menerima karya foto dari wartawan freelance (fotografer lepas) yang secara rutin menyiarkan karyanya ke sejumlah media dalam dua tahun terakhir.

Bentuk karya tulis dan foto bebas, bisa dalam bentuk artikel berita, features, hasil wawancara dan lainnya.

Panitia hanya menilai produk karya tulis dan foto pada periode lomba dan karya jurnalistik tersebut diterima panitia paling lambat 31 November 2011 (cap/pos email) di Panitia Anugerah Abikarya Syahdana, Wisma ANTARA Lantai 20, Jalan Merdeka Selatan No.17 Jakarta Pusat 11010.

Nomer telepon panitia 021-3524474; fax 021-3524477 atau karya jurnalistik bisa dikirim ke Alamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya

Pengumuman akan dilakukan pada akhir Desember tahun 2011. Sementara dewan juri lomba terdiri dari LKBN ANTARA, wakil dari organisasi pers seperti PWI dan AJI, ahli hidrogeologi dan ahli kesehatan.

Wakil Pemimpin Redaksi LKBN ANTARA Akhmad Kusaeni menambahkan, lomba tersebut adalah kesamaan komitmen Perum LKBN ANTARA dan Danone untuk peduli terhadap hal-hal yang menyangkut kepentingan publik, khususnya dalam peranan air untuk kesehatan manusia dan pengelolaan air bagi pelestarian lingkungan.

Ia juga menyebutkan bahwa lomba tersebut dibuat untuk mendukung profesi jurnalistik agar mampu menghasilkan mahakarya dan membangun kepedulian akan kepentingan publik.

"Semakin banyak penghargaan yang diberikan untuk wartawan, maka akan semakin baik pula pengakuan akan profesi jurnalis di tanah air," katanya. (*)