Kamis, 19 September 2019

PWI Sumut Donor Darah ke PMI

Medan (ANTARA News) - Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara di Medan berhasil mendapatkan sekitar 40 kantong darah yang didonorkan.

"Diakui kegiatan donor darah pada Ramadhan dilakukan pada malam hari  baru yang pertama kali dilaksanakan di Sumut," kata Ketua Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) Sumut, Parlindungan Purba, di Medan, Jumat.

Hal tersebut dikatakannya di sela kegiatan donor darah usai penyerahan kartu angota muda PWI Sumut, penyerahan santunan kepada 15 keluarga wartawan yang meninggal dunia dan buka puasa bersama keluarga besar wartawan dan mitra kerja PWI Sumut dihadiri hampir 400 orang.

Menurut Parlindungan, aksi donor darah dan acara berbuka puasa bersama PWI Sumut itu terilhami dengan kegiatan organisasi wartawan yang memberikan santunan sekitar Rp5 juta bagi masing-masing keluarga wartawan yang meninggal dunia yang dinilai sangat menyentuh hati dan masih terus terjadinya kekurangan darah di PMI Medan.

Ia menjelaskan, berdasarkan data dari PMI Medan, setiap hari dibutuhkan darah sekitar 100 kantong, namun sumbangan darah dari masyarakat hanya mampu mengisi sekitar 25 persen dari kebutuhan tersebut.

Sisanya diperoleh dari masyarakat yang "menjual" darahnya ketika ada masyarakat yang membutuhkan.

"PPDI terus berkomitmen melakukan donor darah dan menggalang kegiatan itu dan diharapkan aksi tersebut diikuti berbagai kalangan termasuk PWI Sumut yang memiliki banyak anggota," katanya.

Ketua PWI Sumut, M.Syahrir mengatakan kegitan donor darah yang bekerja sama dengan PDDI dan PMI Medan merupakan salah satu bagian dari bentuk wujud nyata pengabdian organisasi kewartawaan tertua itu kepada masyarakat.

Ketua PMI Kota Medan dr Delyuzar SpPA menyebutkan, PMI saat ini memang sedang kehabisan stok darah.

Sejak 3 Agustus lalu stok darah kosong untuk semua golongan darah sehingga kegiatan seperti itu sangat membantu, katanya.

Menurut Delyuzar, kosongnya stok darah di PMI Medan karena tidak adanya donor darah di bulan Ramadhan dengan alasan masyarakat khawatir dengan kesehatannya.

"Padahal, donor darah tidak masalah bagi yang puasa dan justru menjadi ibadah tersendiri karena dilakukan di Bulan Suci Ramadhan," katanya. (*)