Senin, 20 Januari 2020

Wartawan Dikerahkan Liput Pemilihan Presiden AS

Paris (ANTARA News/AFP) - Kantor berita Prancis AFP akan mengerahkan lebih dari seratus wartawannya untuk meliput pemilihan presiden Amerika Serikat, meliputi liputan berkedalaman dan reaksi seluruh dunia dalam bentuk tulisan, foto, televisi, grafik dan masukan-masukan melalui Internet.

"Kami mengirimkan tim pewarta yang kuat untuk memantau Barack Obama dan John McCain, serta tempat-tempat pemungutan suara di Alaska, Florida, New York, Virginia, Ohio, Pennsylvania, Missouri, Texas, Colorado dan California," kata petinggi kantor berita itu.

Mengikuti tradisi lama, tempat-tempat pemungutan suara di kota-kota kecil  New Hampshire seperti Dixville Notch dan Hart's Location akan membuka laporan tengah-malam, pada saat penduduk mereka melakukan pemberian suara pada menit-menit pertama Selasa. Kami akan mengirimkan wartawan untuk mengawali liputan hari pemilihan di sana.

Pada awal pemungutan suara secara umum, AFP akan menerbitkan bulletin pada pembukaan tempat-tempat pemungutan suara paling awal, misalnya di Vermont pada pukul 10:00 waktu setempat. Dan sepanjang hari kami akan memperbaruinya secara teratur mencakup berita-berita besar, seperti adanya insiden-insiden dalam pemilihan dan memberikan perhatian khusus pada negara-negara bagian yang menjadi ajang pertempuran kedua kandidat.

Tempat pemungutan suara pertama akan ditutup pada Selasa tengah malam dan yang terakhir, di Alaskan, pada Rabu pukul 06:00 waktu setempat.

Hasil pemilihan presiden dan kongres akan direkam segera setelah mereka diketahui sesudah tempat-tempat pemungutan suara ditutup di setiap negara bagian.

AFP juga menyatakan, pihaknya juga akan melakukan pembaruan hasil-hasil penghitungan pemilihan presiden secara teratur. "Dan, kami mengantisipasi indikasi awal dari pemenang pemilihan presiden setelah pukul 04:00 waktu setempat, Rabu," demikian keterangan AFP.

Seluruh jalannya pemungutan suara dan segera setelah kelihatan hasilnya, akan kami rekam dalam paket multimedia secara komprehensif dalam bentuk berita-berita, termasuk kilasan berita, reaksi-reaksi dari seluruh dunia, berita-berita di tempat kejadian, profil-profil, latar-belakang dan analisis.

Rangkuman berita pemilihan akan diperbarui secara cepat dan teratur sepanjang siang dan malam. Sementara itu staf fotografer AFP akan menjepret sosok-sosok di markasbesar kandidat di Chicago dan Phoenix, di samping New York dan Los Angeles.

Tim AFPTV rencananya akan merekam sekitar 40 video dalam semua bahasa selama 24 jam sebelum dan setelah diketahui hasilnya. (*)