Kamis, 19 September 2019

Wartawan Ternate Bagikan Bunga Sambut HPN 2011

Ternate (ANTARA News) - Wartawan media cetak dan elektronik di Ternate, Maluku Utara (Malut), Rabu, membagikan bunga kepada para pengendara mobil dan pengendara motor yang melintas di Jalan Ternate Mal untuk menyambut Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2011.

Wakil Gubernur Malut Gani Kasuba tampak terlihat bersama para wartawan yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Malut untuk memberikan bunga kepada para pengendara mobil dan sepeda motor tersebut.

Gani Kasuba pada kesempatan tersebut menyatakan apresiasinya terhadap pers di Malut, baik cetak maupun elektronik, dalam menjalankan perannya sebagai media informasi dan kontrol sosial.

Ia mengatakan, Pemprov Malut sangat mengharapkan partisipasi pers di daerah ini dalam upaya menyebarluaskan berbagai program pembangunan yang dilaksanakan Pemprov Malut kepada masyarakat setempat.

Setelah membagikan bunga kepada para pengendara mobil dan sepeda motor, para wartawan Ternate akhirnya melakukan tabur bunga bersama Wakil Wali Kota Ternate Arifin Djafar di makam empat tokoh pers di Malut di Pekuburan Islam Ternate.

Keempat tokoh pers Malut tersebut adalah Yakob Manopo dan Asagaf Yahya dari Kantor Berita ANTARA, Nani Andili dari Harian Suara Maluku dan Taraweh Djamaluddin dari Harian Cermin Reformasi.

Setelah tabur bunga, Arifin Djafar mengatakan pers di Malut diminta tetap idealis, baik dalam menyampaikan informasi pembangunan maupun dalam melakukan fungsi sosial.

Dalam melaksanakan peran tersebut, pers di Malut harus dewasa dan mengedepankan etika jurnalistik, aturan hukum, dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat.

"Artinya, jika suatu fakta yang menurut pers adalah berita sangat menarik, namun fakta itu kalau diberitakan tanpa memperhatikan etika jurnalistik, ketentuan dan hukum dan nilai-nilai sosial, akan bisa mengancam ketenteraman masyarakat, maka sebaiknya dihindari," katanya. (*)