Kamis, 19 September 2019

TNI dan Polri Siap Amankan HPN 2010

Kupang (Pos Kupang) - Ketua Umum Panitia Daerah HPN 2011, Ir. Andre Koreh, mengatakan bahwa pihak keamanan dari unsur TNI/Polri siap melakukan pengamanan semua kegiatan pra dan hari puncak  Hari Pers Nasional (HPN).

"Polisi militer, Angkatan Udara, Angkatan Laut, Angkatan Darat dan Kepolisian dari Polda NTT siap melakukan pengamaman, termasuk pengamanan saat Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono melakukan tapak tilas dari Kupang menuju Yonif 744 di Kabupaten Belu," jelas Andre Koreh, seusai memimpin pertemuan dengan unsur TNI/Polri di Sekretariat HPN, Stadion Oepoi, Kamis (3/2/2011).

 

Koreh menjelaskan, rapat ini salah satu tujuannya agar selama  pelaksanaan kegiatan HPN dapat terkoodinir dengan baik antara panitia dan pihak keamanan. Dikatakannya, kedatangan Presiden di Kupang dalam  rangka HPN dan dirangkaikan dengan kunjungan presiden ke beberapa daerah.

"Rapat dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan dari pihak keamanan. Prinsipnya pihak keamanan dari TNI dan Polri siap melakukan pengamanan. Secara detil mereka sudah punya konsep pengamanan," katanya.

Menurutnya, inti dari rapat koordinasi agar tidak melanggar protap-protap pengamanan yang sudah ditetapkan, terkait pengamanan terhadap Presiden. Pengamanan juga dilakukan pada setiap kegiatan yang dilaknasakan dalam rangka HPN.

                                                                Kesiapan PLN

Kesiapan untuk menyukseskan pelaksanaan HPN juga menjadi tekad PT  Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Kupang.

Manajer PT PLN (Persero) Cabang Kupang, Suroso menjelaskan, sejak jauh hari PLN telah mempersiapkan secara matang ketersediaan daya listrik untuk setiap acara yang akan berlangsung serta mengantisipasi segala bentuk gangguan pada titik-titik jaringan PLN.

Menurut Suroso, persiapan yang dilakukan antara lain mulai dari pelaksanaan pemeliharaan 18 titik jaringan PLN serta melakukan pemotongan dahan-dahan pohon yang dekat dengan tiang jaringan PLN (Rabas), sedangkan untuk setiap lokasi dilangsungkannya acara serta seluruh fasilitas penginapan PLN mempersiapkan pembangkit listrik cadangan berupa mobil generator PLN yang terdiri dari 17 unit, terdiri dari 10 unit molbil generator 100 Kilo Volt Ampere (KVA), 5 unit mobil generator 40 KVA, 1 unit mobil generator 250 KVA dan 1 unit mobil geberator 500 KVA. Sedangkan untuk Rumah Jabatan Gubernur akan di siapkan 2 unit mobil generator dengan kekuatan daya masing-masing unit 100 KVA.

Menurutnya, daya mampu mesin PLN adalah 48 Mega  sedangkan beban puncak yang terjadi pada malam hari yakni pada pukul 16.00-21.00 Wita hanya 33 mega, sehingga persiapan lebih dari cukup dalam mensuplay aliran listrik. Sedangkan untuk personil teknis yang disiapkan PT PLN Cabang Kupang saat pelaksanaan  hari Pers Nasional, Suroso mengatakan sebanyak 80 personil teknisi lapangan dari PLN disiapkan untuk membantu keseluruhan acara yang akan berlangsung.

Suroso berharap, cuaca tidak menjadi kendala saat pelaksanaan hari-hari penting tersebut, karena sebagian besar alat penyuplay aliran listrik di NTT menggunakan kabel sehingga rentan saat cuaca buruk seperti hujan lebat dan angin kencang. (den/jj)